7 Tips Motivasi Ibu Rumah Tangga Jadi Lebih Bahagia

Menjadi ibu rumah tangga yang bekerja berarti tubuh dan pikiran pasti akan selalu terbagi di dua dunia; tuntutan deadline kantor dan uru...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
20 Jun 2024
Motivasi-ibu-rumah tangga-bebeclub


Menjadi ibu rumah tangga yang bekerja berarti tubuh dan pikiran pasti akan selalu terbagi di dua dunia; tuntutan deadline kantor dan urusan rumah. Lama kelamaan, kesibukan di dua dunia ini bisa membuat suntuk sehingga menurunkan motivasi Ibu rumah tangga dalam menjalankan perannya. Lantas, adakah caranya untuk mengembalikan motivasi agar terus bahagia dan semangat? 

Tentu! Simak tips di bawah ini untuk meningkatkan motivasi ibu rumah tangga demi Dukung Awal Semua Kehebatan Ibu.

Tips Motivasi Ibu Rumah Tangga agar Semangat dan Bahagia

Kesibukan sebagai working mom sering membuat Ibu menomor sekiankan diri sendiri hingga akhirnya kesehatan mental Ibulah yang jadi taruhannya.

Nah, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, alangkah baiknya genjot motivasi ibu rumah tangga dengan menyempatkan waktu untuk me time. Hal ini tidak membuat Ibu menjadi sosok yang egois, kok. 

Justru jeda waktu ini akan memberikan tenaga baru agar Ibu dapat mengawali semua kehebatan dengan semangat yang lebih baru. 

Berikut adalah beberapa tips agar ibu rumah tangga bekerja lebih bahagia dan semangat.

1. Atur Jadwal Harian

Mengenali rencana dan tugas-tugas yang paling penting dan mengaturnya sebagai prioritas dapat membantu menghindari kewalahan.

Tidak semua tugas harus diselesaikan saat ini juga, kok, Bu. Jadi, cobalah untuk fokus selesaikan tugas yang paling mendesak. Tentukan waktu untuk tugas-tugas khusus, seperti membersihkan rumah atau menyiapkan makanan, mengerjakan pekerjaan kantor, dan pastikan Ibu memiliki waktu untuk istirahat. 

Dengan memiliki rencana yang teratur, Ibu akan merasa lebih terorganisir yang membuat Ibu menjadi lebih bahagia dan semangat menjalani rutinitas. 

2. Sesekali Keluar Rumah

Setiap hari mengurus rumah tangga dan bekerja kantoran tentu sangat menyita waktu. Namun, ini bukan alasan bagi Ibu untuk tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri, ya.

Jadi cobalah sesekali pergi keluar rumah untuk menyalakan kembali motivitas ibu rumah tangga. Keluar rumah bisa sesederhana “iseng” window shopping ke supermarket atau sekadar jalan-jalan pagi sebelum berangkat ke kantor. 

Tidak perlu lama-lama. Cukup 30-60 menit setiap hari untuk menghirup udara segar atau ‘cuci mata’. 

Suasana yang berbeda dapat memberi semangat baru. Membuat Ibu tidak cepat merasa bosan dan lebih semangat menjalani peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus pekerja kantoran.  

3. Menyalurkan Hobi

Tentunya segala rutinitas menjadi working mom membuat Ibu merasa lelah dan kewalahan. 

Oleh karena itu, penting bagi Ibu agar menyempatkan waktu untuk melakukan hobi di tengah kesibukan. Terlebih, ada berbagai macam manfaat menjalankan hobi yang kita sukai, Bu. 

Misalnya dengan olahraga, memasak, berkebun, menghias ruangan, atau karaoke. Hobi ini setidaknya dapat sedikit mengobati jenuh Ibu selama di rumah dan di kantor.

Tak hanya meredakan stres, melakukan hobi yang Ibu sukai juga dapat memperbaiki perasaan dan membuat Ibu lebih nyaman serta bahagia. Jika Ibu bahagia, Ibu akan merasa lebih nyaman dan santai. 

Baca Juga: 20 Inspirasi Kata Mutiara untuk Motivasi Semangat Anak

4. Melakukan Me Time

Sebagai working mom, sangat wajar jika Ibu ingin rehat sejenak dari rutinitas harian yang menguras motivasi ibu rumah tangga. Maka, agar Ibu bisa mengawali kehebatan dengan lebih bahagia dan semangat, Ibu perlu fokuskan waktu khusus untuk diri sendiri.

Meluangkan break sejenak untuk fokus pada diri sendiri akan memberikan banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik dan mental. Ibu bisa pergi ke salon, ngopi cantik di cafe bersama teman-teman, hingga daftar di kelas pound fit class. 

Dengan me time, Ibu dapat melepaskan rasa penat dan stres, lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan, serta lebih mengenal diri sendiri dengan lebih baik dan merasa lebih berharga. 

Me time tidak perlu lama, kok. Menurut ulasan yang dimuat dalam situs Harvard Health, me time cukup selama 30 menit untuk benar-benar bisa berfokus pada diri sendiri. Matikan ponsel dan singkirkan semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan kantor dan urusan rumah tangga. 

5. Selalu Merawat Diri

Siapa bilang tampil cantik hanya saat di luar rumah saja, Bu? Di rumah, Ibu juga perlu merawat diri untuk memanjakan pasangan. 

Untuk mengobarkan kembali motivasi ibu rumah tangga, Ibu dapat memanjakan diri dengan melakukan perawatan diri sederhana seperti luluran, memijat wajah dengan essential oil, atau memakai masker wajah. 

Jika memiliki waktu sedikit lebih longgar, Ibu bisa juga datang ke salon untuk mengganti warna dan gaya rambut, creambathmassage, atau facial wajah. 

6. Join Grup Ibu-Ibu

Bergabung dengan grup WA sesama ibu-ibu bisa menjadi sumber dukungan dan motivasi agar Ibu lebih semangat menjalani rutinitas sehari-hari. 

Bersama teman-teman satu grup pun Ibu bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan sekaligus melatih sisi kreatif Ibu. Misalnya, join kelas pottery, melukis, atau merajut bisa jadi pilihan yang menarik untuk girls time bersama teman-teman. 

Tak ada salahnya juga jika Ibu mencari komunitas yang terbuka untuk dewasa dan anak sehingga si Kecil dapat belajar hal baru dan Ibu dapat me time dengan tenang. 

7. Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ingat, Bu. Setiap orang memiliki situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Jadi, sebisa mungkin jangan membandingkan diri dengan orang lain yang terlihat lebih sukses atau bahagia, ya. 

Alih-alih membandingkan diri sendiri dengan orang lain, bersyukurlah atas apa yang dimiliki. Fokuslah terhadap hal-hal yang positif. Dengan demikian, Ibu akan merasa lebih bahagia dan damai.

Jangan lupa juga daftarkan diri Ibu di Bebeclub sekarang. Dengan jadi member, Ibu berkesempatan memanjakan diri dengan beragam promo serta penawaran menarik sampai hadiah eksklusif untuk dukung awal semua kehebatan si Kecil bertumbuh kembang.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Mrunal. (2018, September 15). Taking Time Out for Yourself Doesn’t Make You a “Selfish Mom.” FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/taking-time-out-for-yourself-doesnt-make-you-a-selfish-mom/
  2. Climbing. (2020). Nhsinform.scot. https://www.nhsinform.scot/healthy-living/keeping-active/activities/climbing


Artikel Terkait