15 Jenis Camilan Bayi 11 Bulan yang Bergizi Tinggi

Menu makan bayi 11 bulan mulai naik ke tekstur yang kasar. Jadi, cemilan si Kecil juga bisa dinaikkan jadi snack padat bertekstur berbeda-beda untuk melatih kemampuan mengunyahnya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
08 Feb 2024


Memilih cemilan bayi 11 bulan yang tepat sangat penting untuk mendukung kebutuhan gizi harian si Kecil. Lalu, apa saja camilan yang bagus untuk bayi usia 11 bulan?

Daftar Cemilan Bayi 11 Bulan

Snack sehat untuk bayi adalah camilan yang tinggi lemak sehat, protein, serat, vitamin dan mineral, prebiotik dan probiotik, serta omega 3 & 6 dan DHA. 

Nah, berikut adalah beberapa cemilan bayi 11 bulan yang bergizi:

1. Apel Potong

Buah apel tinggi vitamin A, vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, hingga B9), vitamin C, kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.

Apel juga mengandung pektin, suatu jenis serat larut yang membantu membuat tekstur feses padat tapi tetap lunak agar BAB bayi lancar dan tidak sakit.

Apel bisa jadi pilihan cemilan bayi 11 bulan karena teksturnya padat tapi masih tetap lembut untuk dikunyah bayi. 

Berikanlah buah apel kupas yang diiris kecil yang bisa si Kecil pegang sendiri untuk melatih kemampuan mengunyahnya.

Selain diberikan bentuk segarnya, apel juga bisa dikukus untuk dicocol saus keju atau yogurt, juga dipanggang menjadi apple pie.

2. Frozen Yogurt Bar

Frozen yogurt bar adalah yogurt yang dicetak batangan dan dibekukan hingga padat.

Yogurt mengandung bakteri baik alias probiotik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Yogurt juga sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi bayi.

Gunakanlah greek yogurt yang teksturnya lebih creamy agar tidak mudah meleleh. Soal gizinya tidak jauh beda, tapi kandungan protein greek yogurt lebih banyak daripada yogurt biasa. 

Sebelum dibekukan, “adonan” yogurt-nya bisa Ibu tambahkan potongan macam-macam buah seperti stroberi, mangga, atau blueberry.

Kombinasi probiotik dari yogurt dan serat serta vitamin dan mineral dari buah-buahan tidak hanya baik untuk pencernaan bayi tapi juga tumbuh kembangnya secara keseluruhan.

Yogurt bar juga bisa camilan enak untuk bayi yang sedang tumbuh gigi, lho! Sensasi dinginnya akan membantu meredakan peradangan dan nyeri di gusi si Kecil.

Baca Juga: Panduan MPASI Bayi 11 Bulan, Plus Jadwal dan Resepnya

3. Mac & Cheese

Keju juga termasuk pilihan cemilan yang baik untuk bayi 11 bulan karena mengandung nutrisi beberapa penting, di antaranya protein hewani, kalsium, dan vitamin D.

Protein hewani penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik bayi. Kalsium dibutuhkan untuk memperkuat tulang, dan vitamin D bantu memudahkan penyerapan nutrisi dalam pencernaannya. 

Keju juga mengandung probiotik, bakteri baik yang dapat berkontribusi pada kesehatan pencernaan dan fungsi daya tahan tubuh bayi secara keseluruhan.

Keju bisa Ibu olah menjadi mac & cheese yang dipotong menjadi stik dengan isian makaroni, keju, susu, dan bayam yang tinggi asam folat, vitamin A, vitamin C, serta protein.

4. Roti Panggang Topping Alpukat

Pilihan cemilan bayi 11 bulan berikutnya adalah alpukat. Alpukat kaya akan lemak sehat, termasuk Omega 3 dan Omega 6, yang sangat penting untuk mendukung perkembangan otak bayi

Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral lain yang penting untuk pertumbuhan bayi, termasuk vitamin B, C, E, K, seng, magnesium, dan mangan.

Karena nutrisinya itu, wajar saja jika alpukat dianggap menjadi salah satu camilan sehat terbaik untuk bayi. 

Alpukat bisa Ibu berikan langsung dalam bentuk finger food untuk digenggam si Kecil, atau diiris dan dijadikan topping roti gandum panggang. Kenapa harus roti gandum?

Gandum mengandung prebiotik, serat pangan yang menjadi makanan untuk bakteri baik dalam usus si Kecil. Semakin banyak bakteri baik dalam perut, pencernaan si Kecil makin baik.

Panggang roti dan potong kotak kecil-kecil seukuran ​​genggaman bayi. Lalu, oleskan krim keju pada salah satu sisinya.

Tempatkan irisan alpukat pada sisi yang dibalur krim keju dan tabur sedikit gula.

5. Pisang

Pisang adalah cemilan bayi 11 bulan yang sangat baik karena beberapa alasan, salah satunya meningkatkan kesehatan pencernaan.

Pisang mengandung prebiotik, yaitu sejenis serat yang tidak dapat dicerna tubuh untuk dijadikan makanan bagi bakteri baik dalam usus agar bisa berkembang biak.

Koloni bakteri baik ini ada untuk mendukung kesehatan pencernaan dan meningkatkan imun si Kecil secara keseluruhan.

Jika si Kecil bosan makan pisang utuh, cobalah olah menjadi bongko pisang atau banana bread.

Baca Juga: 8 Pilihan Buah yang Bagus untuk Bayi 10-12 Bulan

6. Telur Kukus

Telur bagus untuk diolah menjadi snack bayi 11 bulan, terutama kandungan kolin, DHA, dan Omega-3 yang semuanya sama penting untuk perkembangan otak bayi.

Kuning telur juga tinggi protein dan zat besi yang penting untuk dicukupi menjelang usia 1 tahun.

Telur bisa Ibu olah menjadi berbagai macam variasi makanan ringan, seperti telur rebus, puding telur kukus, atau perkedel ubi tahu telur.

7. Tahu

Tahu terbuat dari kacang kedelai, yang merupakan sumber protein nabati berkualitas tinggi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Ditambah lagi, menurut hasil studi, isoflavon dalam tahu berperan meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. 

Tahu juga kaya mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan kolin, juga probiotik alami untuk menjaga pencernaan, penyerapan nutrisi, dan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Jadikan tahu sebagai cemilan bayi 11 bulan yang tidak hanya bergizi tapi juga lezat dengan membuat tahu putih kukus isi daging ayam, tahu bakso, perkedel tahu, atau martabak tahu.

8. Daging Ayam

Bahan lainnya adalah daging ayam. Daging ayam tinggi kandungan protein hewani, ditambah lagi protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otot bayi.

Daging ayam tidak hanya sumber protein, tapi juga tinggi zat besi dan kalium. Daging ayam juga mengandung DHA yang cukup untuk bantu penuhi kebutuhan si Kecil. 

Zat besi dibutuhkan bayi untuk membantu memproduksi sel darah, sedangkan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Daging ayam bisa diolah menjadi nugget homemade, chicken fingers, hingga dimsum atau sempol ayam.

Saat akan mengolah daging ayam untuk cemilan bayi, pastikan memasaknya hingga benar-benar matang sempurna.

Tujuannya untuk menghindari risiko keracunan makanan akibat infeksi salmonella dari konsumsi daging ayam setengah matang.

9. Puding Buah Naga

Buah naga cocok dijadikan sebagai cemilan bayi 11 bulan karena tinggi serat, untuk meningkatkan pergerakan usus dan memperlancar BAB bayi. 

Buah naga juga sumber antioksidan yang berguna untuk meningkatkan imunitas bayi.

Tekstur buahnya lembut dan mudah ditelan sehingga bisa Ibu berikan langsung dalam bentuk buah potong.

Alternatifnya, Ibu bisa olah buah naga menjadi puding atau pancake dengan adonan puree buah naga.

10. Bakpao Ubi Jalar

Ubi jalar kaya beta-karoten yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi penglihatan si Kecil.

Vitamin A juga berperan membantu meningkatkan imunitas bayi.

Nutrisi lain yang terkandung di ubi jalar adalah vitamin C dan E. Kedua vitamin ini bantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga tidak mudah tertular flu atau infeksi lain.

Sebagai cemilan bayi 11 bulan, Ibu bisa olah ubi jalar menjadi bakpao isi ubi ungu atau bola-bola ubi keju (pastikan bola-bolanya cukup besar sehingga tidak membuat bayi tersedak).

Baca Juga: 5 Nutrisi Penting untuk Anak agar Tumbuh Hebat

11. Somay Ikan

Ikan adalah sumber makanan tinggi omega-3, protein hewani, serta DHA yang bagus untuk perkembangan bayi.

Untuk mengolah ikan jadi cemilan bayi 11 bulan, Ibu bisa membuat somay atau otak-otak dari ikan tenggiri. Alternatifnya, Ibu bisa membuat steak tempe salmon.

Pastikan memasak ikan sampai benar-benar matang, dan pilihlah ikan yang rendah merkuri seperti sarden, salmon, nila, dori, lele, teri, serta tuna kalengan. 

Jangan sampai lupa untuk menghilangkan duri-duri kecil dari dalam dagingnya.

12. Muffin Kacang

Kacang tanah merupakan sumber protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi serta mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Kacang tanah juga kaya akan lemak sehat, termasuk lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Lemak sehat dari kacang juga membantu tubuh menyerap jenis-jenis vitamin larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) yang si Kecil dapatkan dari sumber makanan lainnya.

13. Es Loli Pepaya

Pepaya bagus dijadikan camilan bayi 11 bulan karena mengandung enzim papain yang berfungsi untuk memudahkan proses pencernaan sehingga BAB si Kecil menjadi lebih lancar.

Selain bisa disajikan untuk sebagai finger food, Ibu bisa membuat es loli dari campuran puree apel dan pepaya.

Suhu dinginnya membantu menenangkan gusi bayi yang sakit karena tumbuh gigi sambil juga memasukkan nutrisi penting dari buah.

Cara buatnya, blender 2 buah pepaya matang dan 2 buah apel yang masing-masing sudah dibuang bijinya dan dikupas.

Blender hingga halus, tapi jangan ditambahkan gula pasir, ya.

Tuang ke dalam cetakan es krim. Bekukan semalaman dan berikan si Kecil esok harinya.

Baca Juga: Manfaat dan Bahaya Gula dalam Camilan si Kecil

14. Pancake Bayam

Bayam adalah sumber folat, vitamin K, magnesium, kalsium, vitamin A, dan vitamin C yang sangat baik untuk mendukung kekuatan tulang dan sistem kekebalan tubuh bayi.

Bayam juga mengandung zat besi, nutrisi yang paling penting untuk dioptimalkan jelang usia si Kecil 1 tahun. Zat besi dan folat membantu pembentukan sel darah merah dan DNA.

Carilah daun bayam yang berwarna hijau tua dan segar, tidak kuning atau lemas. Buat adonan pancake dengan menghaluskan segenggam bayam dengan 150ml susu dalam blender.

Dalam mangkuk baru, haluskan pisang matang dengan garpu hingga benar-benar menjadi puree kemudian masukkan adonan bayam tadi dan tambahkan tepung terigu serta satu butir telur.

Masak adonan bayam menjadi bulatan pancake di atas wajan non-stick dan hidangkan untuk si Kecil setelah mendingin.

15. Nugget Wortel

Wortel penuh serat untuk membantu bayi BAB terus lancar dan mencegah sembelit. Wortel juga kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata si Kecil.

Ada pula kandungan vitamin C dan K yang membantu mendukung kekebalan, penyerapan zat besi, dan produksi protein yang penting untuk pembekuan darah dan pembentukan tulang. 

Cobalah sajikan nugget wortel. Ibu hanya perlu 4 bahan, yaitu keju cheddar parut, wortel parut yang sudah direbus dan diperas airnya, tepung gandum, dan telur.

Campur semua bahan dalam mangkuk dan aduk rata. Bentuk adonan menjadi bintang (atau bentuk lain yang si Kecil suka) di atas baking tray. Panggang selama 13-15 menit sampai renyah.

Itu dia daftar cemilan bayi 11 bulan yang bisa jadi inspirasi Ibu sehari-hari. Memilih cemilan yang mengandung semua nutrisi di atas tentunya dapat bantu optimalkan perkembangan bayi menjelang ulang tahun pertamanya nanti.

Namun jika Ibu juga masih butuh inspirasi resep MPASI yang enak dan bergizi, yuk kunjungi Bebe Journey!

Di sini ada fitur edukatif lainnya yang bisa Ibu gunakan untuk dampingi si Kecil tumbuh hebat, seperti Cek Milestone Bulanan, Grafik Pertumbuhan WHO, hingga Poop Checker.

Kapan Waktu Terbaik Berikan Camilan untuk Bayi?

​​Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi 11 bulan boleh diberikan 1-2 kali camilan sebagai selingan di antara waktu makan utamanya.

Sebaiknya berikan saat Ibu dan si kecil sama-sama merasa bahagia dan rileks. 

Waktu yang tepat adalah setelah 2 jam setelah waktu makan pertama dan sebelum waktu makan selanjutnya

Jadi misalnya si Kecil makan siang di pukul 12, Ibu bisa berikan snack sekitar pukul 14 siang, menyusu di pukul 16 sore, dan makan makan malam di pukul 18 sore.

Semoga artikel ini membantu si Kecil terus makan lahap, ya!

 


 

Referensi:

  1. Introducing solids: Why, when, what and how. Raising Children Network. (2023, October 10). https://raisingchildren.net.au/babies/breastfeeding-bottle-feeding-solids/solids-drinks/introducing-solids
  2. Centers for Disease Control and Prevention. (2023, June 27). When, what, and how to introduce Solid Foods. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/nutrition/InfantandToddlerNutrition/foods-and-drinks/when-to-introduce-solid-foods.html
  3. Arora, M. (2022, April 30). Dry fruits for babies - when to introduce and health benefits. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dry-fruits-for-babies-when-to-introduce-and-health-benefits/#
  4. Achwal, A. (2023, July 11). Sweet Potato for baby - health benefits and recipes. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/sweet-potato-for-baby-benefits-and-recipes/
  5. Arora, M. (2023a, July 3). Dragon fruit for baby - is it safe to give your child?. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/dragon-fruit-for-baby-is-it-safe-give-your-child/
  6. Khan, A. (2022, December 12). Introducing chicken to babies. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/chicken-for-babies-benefits-recipes-and-more/
  7. Petre, A. (2023, March 8). Tofu: Nutrients, benefits, downsides, and more. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu#other-benefits
  8. Arsenault, A. (2023, January 5). Choline boosts baby’s brain health-if you get enough. Choline Boosts Baby’s Brain Health-If You Get Enough. https://www.thebump.com/news/choline-during-pregnancy-baby-brain-health
  9. Cleveland Clinic. (2023, December 22). 5 reasons to eat more tofu. https://health.clevelandclinic.org/tofu-benefits
  10. Gunnars, K. (2022, December 20). Proven health benefits of eating eggs. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/proven-health-benefits-of-eggs#
  11. Eggs & omega 3: Do eggs have omega 3?. Australian Eggs. (2021, April 7). https://www.australianeggs.org.au/nutrition/omega-3
  12. WebMD. (n.d.-a). Bananas: Health benefits and nutritional info explained. WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas
  13. White, J. (2020, March 23). How can avocados help baby development?. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/avocado-nutrition-and-baby-development-284431
  14. Avocados are a great first food for babies – they’re dense in nutrients and easy to eat. You can give your baby small pieces of avocado or mashed avocado as soon as they’re ready for solid foods, & Millard, E. (n.d.). When can babies eat avocado?. BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/solids-finger-foods/when-can-babies-have-avocado_40009332
  15. WebMD. (n.d.-b). When is it ok for babies to eat cheese?. WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-have-cheese
  16. Gavin, M. L. (Ed.). (2021, February). Calcium (for parents) - nemours kidshealth. KidsHealth. https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html#:~:text=We%20only%20get%20one%20chance,prevent%20a%20disease%20called%20rickets
  17. Arora, M. (2023b, July 12). Cheese for babies: Health benefits, Recipes & Precautions. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/cheese-for-babies-health-benefits-precaution-and-more/
  18. Elliott, B. (2023, March 10). 7 impressive health benefits of yogurt. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-yogurt#nutrition
  19. professional, C. C. medical. (n.d.). What are probiotics & what do they do?. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/14598-probiotics
  20. SJ;, H. S. R. A. (n.d.). Essential fats: How do they affect growth and development of infants and young children in developing countries? A literature review. Maternal & child nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21929635/
  21. Amanda Gingrasso, A. (2022, April 1). Gut Health: Prebiotics and Probiotics. Mayo Clinic Health System. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/good-bacteria-for-your-gut 


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait