resep puding kacang hijau

Resep Puding Kacang Hijau

detail-fb detail-wa detail-twitter

Ibu tentu sudah tidak asing lagi dengan kacang hijau 'kan? Sayuran ini termasuk ke dalam bahan makanan yang bisa ditemukan sehari-hari dengan kandungan protein nabati yang tinggi. Tidak hanya diolah dalam menu sayuran, kacang hijau juga kerap dijadikan bubur untuk dinikmati sebagai sarapan.

Selain dibuat bubur, ternyata kacang hijau juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat puding lho Bu. Namun, sebelum kita membahas cara membuat puding kacang hijau, yuk coba cari tahu dulu apa saja kandungan yang ada di dalam kacang hijau.

Kacang-kacangan satu ini mengandung vitamin, mineral, protein, dan serat penting untuk tubuh. Kacang hijau juga memiliki sedikit kalori, namun kaya akan antioksidan dan asam amino.

Dalam satu mangkuk kacang hijau rebus ukuran 202 gram terdapat 0,8 gram lemak, 14,2 gram protein, 38,7 gram karbohidrat, 15,4 gram serat, serta 80% dari kebutuhan asam folat harian.[1]

Nah, sudah tahu kan Bu apa saja kandungan kacang hijau yang baik bagi tubuh. Sekarang, yuk ikuti cara membuat resep puding kacang hijau di bawah ini untuk dijadikan sebagai camilan sehat keluarga dan si Kecil.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Kacang hijau yang telah direbus hingga matang 100 gram
  • Susu Bebelac Gold 50 gram
  • Air hangat 1000 ml
  • Agar-agar bubuk 1 bungkus
  • Jeli instan 1 sdt
  • Gula 200 gram
  • Garam ½ sdt
  • Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat Puding Kacang Hijau:

  1. Sebagai langkah awal, blender kacang hijau
  2. Setelah itu, campurkan bahan-bahan yang ada, kecuali susu Bebelac Gold
  3. Jika sudah, aduk hingga merata dan masak sampai mendidih dengan menggunakan api kecil
  4. Lalu matikan kompor dan masukkan susu Bebelac Gold. Selanjutnya, aduk adonan hingga merata
  5. Terakhir, tuang ke cetakan dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dinikmati

Gimana, bahan yang diperlukan cukup mudah dicari di pasaran dan cara membuat resep puding kacang hijau di atas cukup mudah dilakukan ya Bu. Rasanya yang nikmat serta kandungan gizinya yang kaya menjadikan menu ini bakal sangat berguna dan disukai oleh seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba!

 

[1] Raman, R. (n.d.). 10 impressive health benefits of mung beans. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans

Tag