resep cream soup, cara membuat cream soup

Resep Sup Krim

Ketika si Kecil telah beranjak usia di atas 6 bulan, Ibu dapat mulai memberikannya MPASI (makanan pendamping ASI). Hal ini karena kebutuhan mikronutrien, protein, dan juga kebutuhan energinya akan semakin bertambah,[1] sehingga air susu saja mungkin tidak lagi cukup.

MPASI pada dasarnya bisa menggunakan berbagai macam bahan, seperti buah, sayuran, bahkan daging. Namun, yang terpenting adalah kandungan nutrisinya sesuai kebutuhan si Kecil dan tekstur yang dimiliki sesuai untuk kemampuan makan si Kecil.

Nah, untuk yang baru pertama kali menerima MPASI, Ibu dapat membuat resep cream soup atau sup krim dengan tekstur lembut ini. Ibu hanya perlu menyiapkan kentang, ikan, bawang, seledri, dan juga keju sebagai bahan utamanya. Resep cream soup ini dapat membantu Ibu memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Sebagai contoh adalah bahan utamanya, yakni salmon. Salmon merupakan ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi, yang penting guna menunjang kesehatan mata dan saraf bayi, dan juga perkembangan otaknya.[2] Selain itu, salmon juga mengandung berbagai vitamin, seperti B12, B3, dan B1,[3] yang semuanya baik untuk kesehatannya. Hebat, bukan?

Langsung saja simak resep cream soup berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Kentang, 1 buah (dikupas, direbus, dan dihaluskan)
  • Ikan salmon, secukupnya (dipotong kecil-kecil)
  • Bawang bombay, secukupnya (dicincang kasar)
  • Bawang putih, 1 siung (dicincang kasar)
  • Seledri, secukupnya
  • Keju parut, secukupnya
  • Minyak zaitun untuk menumis
  • Air, 150 cc
  • Mentega tawar, secukupnya

Cara Membuat Cream Soup:

  1. Masukkan kentang dan mentega tawar ke dalam blender hingga tercampur, lalu sisihkan
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan minyak zaitun, lalu tambahkan air dan rebus bersama salmon
  3. Setelah air mendidih, masukkan kentang dan keju yang telah dihaluskan sebelumnya dan aduk hingga mengental
  4. Kemudian, masukkan daun seledri
  5. Angkat sup krim dan berikan taburan keju parut sedikit
  6. Cream soup buatan Ibu siap untuk disajikan!

Bagaimana, Bu? Cukup mudah, bukan? Resep cream soup ini bisa menjadi salah satu cara lezat untuk membuat MPASI di rumah. Namun, sebelum berlanjut, pastikan seluruh bahan di atas tidak menimbulkan reaksi alergi pada si Kecil ya, Bu. Apabila dirasa aman, selamat mencoba resep di atas!

 

[1] Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (n.d.). Retrieved from http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi

[2]  Salmon Baby Food Gives a Nutritional Boost to Infants and Toddlers. (2010, September 15). Retrieved from https://www.usda.gov/media/blog/2010/09/15/salmon-baby-food-gives-nutritional-boost-infants-and-toddlers

[3] Three Ways to Cook Salmon. (2011, October 7). Retrieved from https://www.webmd.com/diet/features/three-ways-to-cook-salmon#1