Melihat Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

Melihat Perkembangan Janin Usia 25 Minggu

detail-fb detail-wa detail-twitter

Perkembangan Janin di Usia 25 Minggu

Bila ingin si Kecil kelak tumbuh cerdas, Ibu bisa mulai memberi stimulasi sejak dalam kandungan. Ya, pada minggu ke-25 ini kemampuan pendengarannya semakin baik. Ia tak hanya mengenal suara Ibu, tapi juga ayahnya. Putarkan musik, ajak bernyanyi, atau bacakan cerita pendek untuk menyenangkan hatinya. Pada mingggu ke-25 ini, panjang si Kecil berkisar 34 cm dan berat 0,5Kg 6 ons.

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 25 Minggu

Kenaikan berat badan saat kehamilan tak bisa dihindari. Setiap pertambahan kilogram memang dibutuhkan bagi tumbuh kembang bayi, antara lain untuk plasenta, peningkatan volume darah, air, cairan ketuban, dan payudara Ibu.

Menurut sejumlah ahli, kenaikan berat badan ideal selama hamil berkisar 7-12 kg. Salah satu cara menjaga kenaikan berat badan seimbang adalah dengan menerapkan diet sehat kehamilan. Jika Ibu terlanjur kelebihan berat badan, coba atur porsi makan yang lebih seimbang. Tapi, jangan terlalu tertekan dengan masalah berat badan ya, Bu. Kelak usai persalinan, Ibu akan punya banyak waktu untuk membuat pinggang kembali ramping.

Tahukah Ibu?

Kehamilan membuat ukuran perut, payudara, dan paha membesar. Untuk menghindari terjadi stretchmark, oleskan saja pelembab (body cream) agar kulit menjadi lebih elastis. Penggunaan pelembab organik seperti minyak zaitun atau alpukat juga sangat baik bagi Ibu hamil.