manfaat-omega-3-dari-makanan

Manfaat Omega 3 Bisa Didapatkan dari 7 Sumber Makanan Ini

detail-fb detail-wa detail-twitter

Manfaat omega 3 bagi perkembangan otak anak memang tidak diragukan lagi. Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang harus terpenuhi kebutuhannya melalui asupan makanan.

Mengingat pentingnya manfaat omega 3, maka jangan sampai terlewat dari meja makan ya, Bu! Karena menurut Kementerian Kesehatan, setiap hari si Kecil berusia 1-3 tahun membutuhkan 0.7 g omega 3 sedangkan pada usia 4-6 tahun kebutuhan hariannya meningkat menjadi 0.9 g1.

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dibicarakan jika berkaitan dengan kandungan omega 3. Namun memang hanya itu saja? Tentunya tidak, Bu karena ternyata banyak sumber makanan kaya omega 3 yang bisa Ibu sajikan setiap harinya untuk si Kecil. Wah, menu makanan jadi lebih variatif ya, Bu. Yuk, mari simak!

Flax Seeds     

Biji-bijian lainnya yang juga tinggi akan omega 3 adalah flax seeds atau biji rami. Maka tak heran bila olahan flax seeds ini sering digunakan sebagai suplemen omega-3. Karena dalam setiap 100 gram flax seeds, ada sekitar 22813 mg kandungan omega 32.

Berbeda dengan chia seeds yang berwarna hitam menyerupai biji selasih, flax seeds memiliki warna kuning kecoklatan dengan butiran biji yang lebih besar. Agar manfaat flax seeds terserap sempurna, Ibu bisa menghaluskan flax seeds terlebih dahulu menggunakan blender atau food processor. Untuk menyetoknya sekaligus, simpan dalam wadah tertutup di kulkas dan bisa bertahan 30 hari.

Setelahnya, dapat dikonsumsi langsung dengan mencampurkannya ke dalam oatmeal, salad, milkshake, smoothies, yoghurt, dan lainnya. Dan dapat juga ditambahkan ke dalam adonan roti, pancake, kue kering, dan lainnya.

Chia Seeds                                 

Suka menambah taburan chia seeds di berbagai jenis makanan? Meski cenderung tidak berasa, namun ada sensasi tersendiri saat mengunyah taburan chia seeds yang dicampurkan dalam buah potong, yoghurt, sereal atau smoothies favorit. Biji-bijian yang bisa mengembang jika terendam air ini mengandung omega 3 sebanyak 17830 mg di setiap 100 gram-nya2. Jika dilihat, kandungan omega 3 dalam chia seeds memang sangat tinggi. Namun ternyata tak hanya itu, karena chia seeds juga kaya akan fosfor dan magnesium3. Jadi jangan lupa ya, Bu untuk menambahkan chia seeds pada menu makan si Kecil, agar ia bisa mendapatkan manfaat omega 3 dengan optimal.

Tahu

Anak Ibu suka tahu? Pas sekali! Faktanya, tahu memiliki 582 mg omega-3 per 100 gram2. Ini berarti sudah mencukupi kebutuhan omega 3 hariannya, Bu. Untuk menghidari menu yang itu-itu saja, Ibu bisa menyajikannya dengan berbagai resep tahu bervariasi agar si Kecil tidak bosan.

Alpukat

Alpukat mengandung omega 3 yang mendukung pertumbuhan otak si Kecil. Dalam 100 g buah alpukat terkandung 0.111 g omega 32. Buah ini biasanya disukai anak-anak, jadi Ibu tak akan merasa sulit saat mengolahnya. Selain dibuat jadi jus dengan campuran susu, Ibu bisa mencoba olahan lain. Bikin alpukat kocok, puding alpukat, smoothies, isian sushi, atau menyulapnya jadi avocado spread untuk olesan roti. Si Kecil pasti tidak menolak!

Edamame

Edamame yang biasa Ibu jadikan camilan sambil menonton atau mengobrol santai ini ternyata kaya omega 3 yang baik juga untuk si Kecil. Dalam setengah cup edamame beku terdapat 0.28 g omega-35. Jadi, jangan ragu berbagi mangkuk edamame dengan si Kecil ya, Bu. Agar rasanya lebih gurih, Ibu bisa menumisnya dengan bawang putih.

Minyak Kedelai

Minyak kedelai merupakan sumber omega 3, riboflavin, magnesium, kalium, folat, dan vitamin K. Ibu bisa menggunakan minyak kedelai untuk menumis sayur si Kecil atau dijadikan campuran dalam salad. Berita baiknya, tidak perlu memakai minyak kedelai berlebihan untuk mendapatkan kebaikan omega-3. Karena hanya dalam 1 sdm minyak kedelai sudah mengandung omega-3 sebanyak 0.923 g5.

Untuk mendapatkan manfaat omega 3 dalam jumlah yang cukup, selain dari asupan makanan, Ibu bisa menambahkan susu Bebelac Gold yang mengandung minyak ikan kaya omega 3. Susu ini bahkan juga mengandung zat gizi lain yang tak kalah penting untuk tumbuh kembang si Kecil, seperti omega 6, 13 vitamin, dan 7 mineral. Tak hanya itu, susu Bebelac Gold juga dilengkapi 3 jenis serat untuk mendukung kesehatan pencernaan si Kecil.

Kesehatan pencernaan merupakan salah satu dari 7 kehebatan lengkap yang dimiliki Bebelac Gold. Kehebatan lainnya adalah pencernaan lancar, penyerapan nutrisi lebih baik, tumbuh kembang lebih baik, perkembangan kognitif lebih tajam, mood lebih positif, dan memberikan perlindungan alami bagi si Kecil. Yuk jaga sistem cerna si Kecil lebih baik agar ia tumbuh lebih optimal dan selalu bisa bergerak aktif, Bu!


Referensi

  1. Kementerian Kesehatan. Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Diambil dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf [Diakses 25 Juni 2021]
  2. Daisy Whitbread, BSc (Hons) MSc DipION. 2021. Top 10 Foods Highest in Omega 3 Fatty Acids. Diambil dari https://www.myfooddata.com/articles/high-omega-3-foods.php [Diakses 25 Juni 2021]
  3. Delfin Rodriguez-Leyva, MD, PhD, Chantal MC Bassett, PhD,Richelle McCullough, BSc,1 and Grant N Pierce, PhD. 2010. The cardiovascular effects of flaxseed and its omega-3 fatty acid, alpha-linolenic acid. Diambil dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2989356/ [Diakses 26 Juni 2021]
  4. Maša Knez Hrnčič, Maja Ivanovski, Darija Cör, and Željko Knez. 2020. Chia Seeds (Salvia Hispanica L.): An Overview—Phytochemical Profile, Isolation Methods, and Application. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6994964/ [Diakses 26 Juni 2021]
  5. Kat Gál. 2020. What are the best sources of omega-3? Diambil dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/323144  [Diakses 25 Juni 2021]