mengatasi sembelit pada bayi mpasi

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi MPASI

detail-fb detail-wa detail-twitter

Saat usianya menginjak 6 bulan, indera perasa dan organ pencernaan bayi sudah lebih berkembang sehingga ia sudah bisa makan makanan padat MPASI. Namun, ada bayi yang justru sembelit setelah memulai MPASI. Ada tanda bayi MPASI sembelit yang bisa Ibu perhatikan.

Tanda bayi MPASI sembelit salah satunya adalah BAB kurang dari 3 kali seminggu, sulit BAB, dan merasa sakit setiap BAB1. Apa yang menyebabkan bayi sembelit setelah mulai MPASI? Penyebab bayi MPASI sembelit bisa salah satu di antara ini:

Penyebab: Jenis MPASI yang kurang mengandung serat atau bayi kurang mengonsumsi cairan

Cara mengatasi bayi MPASI sembelit:

Pastikan bayi memperoleh asupan serat dan cairan yang cukup dalam menu MPASI hariannya.2 Ibu bisa memberikan sayur dan buah yang kaya serat seperti apel tanpa kulit atau brokoli3.

Menurut rekomendasi Kementrian Kesehatan Indonesia4, bayi 7-11 bulan butuh asupan serat 10 gram (setara 3 pisang ukuran sedang5) dan cairan 800 ml setiap hari, sementara bayi 1-3 tahun butuh asupan serat 16 gram (setara dengan 1,5 cangkir kacang hijau rebus) dan cairan 1200 ml setiap hari. Namun, anak usia 1 tahun perlu dibatasi pemberian susunya agar tak lebih dari 500 ml per hari, agar ia bisa mendapatkan cairan dan nutrisi lainnya dari MPASI.

Penyebab bayi MPASI sembelit: Orang tua terlalu cepat mengenalkan MPASI pada bayi di bawah 6 bulan

Cara mengatasi bayi MPASI sembelit:

Kebutuhan energi dan nutrisi bayi berusia di bawah 6 bulan dapat seluruhnya dipenuhi oleh ASI6, sehingga belum perlu diberikan makanan pendamping. Lagipula, tanda-tanda bayi siap MPASI biasanya baru terlihat pada usia 6 bulan ke atas. Sebaiknya, Ibu menunggu hingga si Kecil berusia di atas 6 bulan untuk mengenalkan makanan padat padanya.

Penyebab: Bayi kurang aktif bergerak setelah makan

Cara mengatasinya:

Saat anak berbaring, gerakkan kakinya seolah seperti sedang mengendarai sepeda7. Gerakan ini akan membantu usus anak begerak lebih lancar dan meringankan rasa tak nyaman akibat sembelit.

Bila keluhan sembelit masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter anak untuk penanganannya ya Bu!

 


Sumber:

  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/constipation-in-children/symptoms-causes/syc-20354242
  2. https://www.health.govt.nz/system/files/documents/publications/food-and-nutrition-guidelines-healthy-infants-and- toddlers-revised-dec12.pdf
  3. https://www.healthline.com/health/childrens-health/remedies-for-baby-constipation#other-options
  4. https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PMK No. 75 ttg Angka Kecukupan Gizi Bangsa Indonesia.pdf 5 https://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines/appendix-13/
  5. http://www.idai.or.id/assets/libs/pdf.js/web/viewer.html?file=http%3A%2F%2Fwww.idai.or.id%2Fwp- content%2Fuploads%2F2018%2F10%2FLeaflet-Fixed-A-10-oktober-2018.pdf#page=1&zoom=auto,-27,298
  6. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324543.php#3
Tag