cara-cepat-mengajari-anak-membaca

5 Cara Cepat Mengajari Anak Membaca yang Bisa Dilakukan di Rumah

detail-fb detail-wa detail-twitter

Saat ini, sebagian orang tua mulai mengajari anaknya mengenal huruf dan belajar membaca sejak usia dini. Tak ayal, si Kecil sudah lancar membaca begitu memasuki usia sekolah. Apakah Ibu juga ingin si Kecil cepat membaca? Bisa saja Bu, ada cara cepat mengajari anak membaca yang bisa dicoba di rumah. Cara ini bisa dilakukan melalui aktivitas-aktivitas yang bersifat menyenangkan, sehingga si Kecil semangat belajar membaca.

Anak usia dini umumnya menyukai nyanyian, lagu, dan musik, sehingga kegiatan-kegiatan tersebut bisa membantu proses belajar membaca jadi lebih efektif1. Dengan begitu, timbul keinginan dari dalam diri si Kecil untuk belajar membaca.

Baca Juga: Tips Belajar Membaca Cepat untuk Anak

Nah, berikut beberapa kegiatan yang ternyata bisa jadi cara cepat mengajari anak membaca. Ibu bisa mulai melakukan kegiatan ini sejak si Kecil sudah lancar berbicara, dan semakin rutin dilakukan menjelang usia prasekolah yaitu sekitar usia 3 tahun. Yuk, kita simak.

1. Membacakan Buku dengan Nyaring

Langkah awal mengajarkan si Kecil membaca adalah dengan terlebih dahulu membacakan buku
untuknya. Ibu bisa membacakan buku bergambar dengan kalimat pendek atau jargon yang ditemui di gambar-gambar iklan. Bacakan dengan suara yang nyaring dan jelas kata per kata.

Membacakan buku dengan bersuara sebanyak tiga kali pengulangan dapat menjadi stimulan bagi si
Kecil. Cara ini akan menumbuhkan keinginannya untuk mau membaca, serta membuatnya lebih paham
tentang sebuah kata atau teks2. Saat sedang membacakan buku, Ibu juga bisa libatkan si Kecil. Misal, ajak anak untuk mengulang kata-kata yang sederhana di buku, atau meneruskan kata dengan membaca susunan hurufnya.

2. Mengajak Si Kecil Bernyanyi

Ajak si Kecil untuk mendengar dan menyanyikan berbagai lagu anak yang memiliki lirik sederhana, misalnya 'Balonku', 'Bintang Kecil', 'Tik Tik Bunyi Hujan'. Ibu bisa sering memutar ulang lagu-lagu tersebut, agar si Kecil mengingat setiap kata atau lirik dalam lagu.

Setelah itu, Ibu bisa mengajak si Kecil untuk menyanyikan lagu sambil mengeja. Misalnya kata balon, dieja B-A-L-O-N. Ini adalah salah satu strategi belajar membaca lewat lagu, yaitu dengan memadukan teknik eja dan bernyanyi dengan musik (nada atau lagu)1.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak dengan Tepat

3. Menggunakan Kartu Bergambar

Kartu bergambar atau juga dikenal sebagai flash card, bisa jadi cara cepat mengajari anak membaca sekaligus memperkaya kosa katanya3. Setiap kartu berisi gambar benda-benda yang sehari-hari ditemui si Kecil dan tulisan yang menyebutkan nama dari benda tersebut.

Sambil duduk santai, Ibu bisa menunjukkan kartu sambil menyebutkan nama benda yang tertera di kartu. Kemudian, minta si Kecil untuk mengeja kata yang ada di dalam gambar tersebut. Lakukan dengan rutin, sehingga lama-kelamaan si Kecil akan mengenal dengan baik susunan huruf yang membentuk satu kata di dalam gambar. 

4. Membaca per Suku Kata

Setelah berhasil mengajak si Kecil untuk belajar mengeja per huruf, Ibu bisa mulai mengajarinya membaca per suku kata. Buatkan semua suku kata dari semua huruf konsonan yang diikuti dengan lima huruf vokal, misalnya ba be bi bo bu, ca ce ci co cu, dan seterusnya 3. Ibu bisa gunakan alat bantu seperti kartu bergambar khusus suku kata.

Setelah lancar dengan satu suku kata, tingkatkan kemampuan membacanya dengan dua suku kata, misalnya ba-ca, ca-be, bo-la, dan seterusnya hingga meningkat menjadi tiga suku kata. Lalu minta anak untuk mengeja dengan pelafalan yang tepat. Ibu bisa memberi pujian saat si Kecil sudah berhasil mengeja dengan baik. Reward sederhana berupa makanan atau minuman favoritnya di akhir sesi juga bisa membuat si Kecil senang dan semangat untuk terus belajar.

5. Latih Si Kecil Membaca Kalimat

Setelah aktivitas di atas rutin dilakukan, maka tiba waktunya si Kecil menerapkan semua yang ia telah pahami. Ibu bisa melatihnya membaca sebuah kalimat sederhana setiap hari3. Berikan ia buku cerita pendek dengan kata dan kalimat sederhana yang biasa Ibu bacakan kepadanya.

Dampingi si Kecil membaca di waktu santai atau sebelum tidur. Jika ia sudah lancar dengan kalimat lengkap, minta ia membaca sebuah paragraf pendek. Begitu terus secara konsisten hingga akhirnya si Kecil bisa membaca kalimat utuh dengan lancar.

Bagaimana, Bu, sudah siap mencoba cara cepat mengajari anak membaca? Apapun caranya, lakukan secara rutin dan menyenangkan, sehingga si Kecil terus semangat menjalani proses ini, ya.

Untuk mendukung rutinitas belajar membaca ini, penuhi juga kebutuhan nutrisi si Kecil dengan asupan bergizi lengkap. Tidak ketinggalan berikan juga seperti Bebelac 3 yang mengandung FOS GOS serta dilengkapi dengan minyak ikan yang kaya akan omega-3, omega-6, 13 vitamin, dan 9 mineral. Dengan memberikan asupan kaya nutrisi setiap harinya, pencernaan si Kecil terjaga (happy tummy), sehingga mood-nya akan lebih baik (happy heart), dan bisa berpikir optimal agar tetap fokus saat menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk belajar membaca.


Referensi:

  1. Munawaroh Epriliani Aminah dan Ana Fitrotun Nisa. 2016. Strategi Mengusik (Mengeja dengan Musik) Sebagai Cara Cepat Belajar Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Diambil dari: https://media.neliti.com/media/publications/284505-strategi-mengusik-mengeja-dengan-musik-s-5ae437f5.pdf. [Diakses 27 Agustus 2021]
  2. Hsin Ying Chien.2019. Effects of Two Teaching Strategies on Preschoolers’ Oral Language Skills: Repeated Read-Aloud with Question-and-Answer Teaching Embedded and Repeated Read-Aloud with Executive Function Activities Embedded. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6985451/ [Diakses 30 Agustus 2021]
  3. I Ketut Gading, et al. 2019. Pengaruh Metode Suku Kata dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Diambil dari: https://www.researchgate.net/publication/342914286_PENGARUH_METODE_SUKU_KATA_DENGAN_MEDIA_KARTU_KATA_BERGAMBAR_TERHADAP_KEMAMPUAN_MEMBACA_PERMULAAN [Diakses 29 Agustus 2021]
Tag