Mom's Pedia 0-6 Bulan

Kenali Pesatnya Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Dia Sudah Bisa Menegakkan Kepala

 

Yes! Sekarang bayi Ibu sudah mulai bisa menegakkan kepalanya sejajar dengan tubuhnya, dan menggunakan tangannya sebagai penopang tubuhnya. Bayi 3 bulan juga akan meraih dan menggenggam benda-benda yang menarik perhatian di dekatnya. Apa sih, yang bisa dilakukan untuk melatihnya? Ibu dapat melatihnya dengan memberikan mainan khusus untuk dia genggam. Untuk melatih kekuatan otot lehernya, baringkan bayi Ibu dengan posisi terlentang dan perlahan tarik ke dua tangannya hingga posisi duduk, perlahan kembalikan ia ke posisi semula. Yang perlu diingat oleh ibu, lakukanlah ini secara perlahan dan lembut ya, jangan memaksa bayi jika memang ia belum siap melakukannya, karena perkembangan setiap bayi dapat berbeda satu sama lain.

Bayi Ibu memang sudah bisa mengenali Ibu beberapa hari sejak ia dilahirkan, tetapi sekarang ia sudah mampu menunjukkan kalau ia memang mengenali Ibu, dan mungkin juga suami dan beberapa orang lain yang sering berinteraksi dengannya. Dia akan diam dan menatap Ibu, bahkan mungkin mencari-cari Ibu dan senang saat melihat Ibu menghampirinya. Bau Ibu juga bisa menenangkannya.

 

ASI untuk Si 3 Bulan

 

Seiring dengan pertambahan usia dan berat badannya, bayi Ibu mungkin akan lebih sering merasa lapar dan lahap menyusu. This is very normal, jadi jangan tergoda untuk buru-buru memberikannya makanan tambahan ya Bu. Ini terjadi karena lonjakan pertumbuhannya. ASI saja masih mencukupi semua kebutuhan gizi yang diperlukannya hingga ia berusia 6 bulan! No need to hurry, no need to worry.

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) merekomendasikan untuk memberikan hanya ASI di 6 bulan pertama. Jadi teruskan menyusui bayi Ibu sesering mungkin.

 

Bayi Ibu Sudah Mulai Bersuara dan Bergumam

 

Another exciting moment to celebrate! Bayi Ibu sudah bisa menggumam, biasanya dimulai dengan huruf-huruf sepert P, B, dan M. Makanya tidak mengherankan jika MAMA dan PAPA adalah kata pertama yang umumnya bisa ia ucapkan. Very exciting, isn’t it?

Selain menangis dan menggumam, bayi 3 bulan juga mulai bisa berkomunikasi dengan menggerakkan tangannya. Ia akan meraih segala sesuatu yang diberikan padanya, tertawa senang saat melihat Ibu, bahkan kakinya ikut menendang-nendang untuk menunjukkan kegembiraannya. Bila merasa lapar, ia tidak lagi menangis, tapi hanya sekedar merengek saja.

Yang lebih menakjubkan, ia bahkan bisa menunggu beberapa saat sebelum Ibu memberikan apa yang diinginkannya. Ini adalah tahapan penting yang memperlihatkan pengertian dan kepercayaannya yang besar kepada Ibu.

 

Sentuhan Ibu Membuatnya Nyaman dan Bahagia

 

Dari semua cara berkomunikasi yang bisa dilakukan oleh Ibu dan bayi di usianya yang masih sangat dini ini, sentuhan bisa memenuhi tiga hal yang dibutuhkan oleh bayi Ibu:

• Membuatnya merasa aman dan terlindungi

• Membuatnya terlibat dengan dunia sekelilingnya

• Salah satu cara berkomunikasi dengan Ibu dan dia dapat meresponnya

Nah, tunggu apa lagi Bu? Jadi makin banyak alasan untuk sering-sering memeluknya erat.

 

Panca Inderanya Mulai Berkembang

 

Tahukah Ibu? Ia gampang kaget, dan menangis karena mendengar suara yang keras, tapi ia juga mulai paham suara yang dikenalnya bisa membuatnya merasa lebih nyaman. Untuk memuaskan rasa ingin tahunya, bayi Ibu menggunakan seluruh panca inderanya yang sudah mulai berkembang.

o Penglihatan, bisa mengikuti benda dengan matanya dalam lingkaran penuh 180 derajat. Ikatan bathin Ibu dengannya bisa terbentuk melalui tatapan mata lho. Ibu bisa memperkuat ikatan ini dengan menatapnya saat menyusui, biarkan jemarinya meraih dan menyentuh wajah Ibu.

o Pendengaran, ia sekarang menjadi pendengar yang lebih baik. Mengenali suara-suara orang terdekat dengannya. Yuk, ajak ia bicara dengan suara yang lembut. Usahakan hindari dari suara-suara keras yang membuatnya terkejut dan gampang menangis ya Bu.

o Peraba, ia kini bisa merasakan saat Ibu menyentuh dan menggelitikinya. Ia akan kegelian dan tertawa bila Ibu menggelitik lembut telapak kakinya.

o Penciuman, ia bisa mengenali bau Ibu dan beberapa orang lain yang sering berinteraksi dengannya. Bau yang akrab ini bisa membantunya merasa lebih tenang dan tidak rewel.

o Pengecap, indera pengecapnya semakin peka, ia sudah bisa merespon dengan melepaskan puting Ibu saat disusui, menolak untuk menghisapnya, apabila rasa dan baunya berubah karena makanan yang Ibu makan.

 

Bantu Tubuh dan Otaknya untuk Berkembang

 

Seluruh bagian utama otak bayi Ibu sudah terbentuk sejak dalam kandungan, dan semakin berkembang dan matang ketika ia sudah lahir. Proses perkembangan ini didukung oleh stimuli dan asupan gizi yang tepat.

Ibu dapat membantu perkembangan bayi, baik otak dan tubuhnya secara optimal dengan memberikan rangsangan-rangsangan yang tepat. Menggantung mainan di atas tempat tidurnya, dengan bentuk dan warna yang kontras akan membantu bayi Ibu lebih fokus. Gantungkan juga mainan lain yang bisa ia jangkau. Mainan berwarna cerah dan yang bisa mengeluarkan bunyi akan merangsang bayi 3 bulan untuk belajar meraih, menggoyangkan, dan membuat mainannya berbunyi. Ini cara yang bagus untuk melatih kordinasi tangan dan matanya, dan membantu memperkuat otot-ototnya.