Tips & Advice 6-12 Bulan

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan (MPASI) Dalam Sehari

Wah, si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, Bu? Sebentar lagi, saatnya pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI lho.

Jangan terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI. Kalau ia sudah bisa menegakkan kepala, bisa duduk dengan bantuan atau kadang memasukkan benda ke mulutnya, itu artinya si kecil sudah siap menerima makanan pertamanya.

Bayi berusia 6 bulan yang diberikan ASI dan makanan tambahan berpotensi tumbuh menjadi anak hebat. Anak hebat itu pintar tidak hanya dari sisi intelegensi (IQ) semata, namun juga pintar dari sisi emosional (EQ) seperti memiliki rasa peduli terhadap sekitar dan cepat tanggap saat mendapat informasi baru dari lingkungan.

Nah, pasti Ibu ingin si kecil tumbuh jadi anak hebat, kan? Karena itu, penuhi semua kebutuhan nutrisi harian sejak dini secara terjadwal. MPASI ini bisa berupa makanan lembut agak cair seperti bubur susu, bubur buah maupun bubur sayuran dan yogurt.

Kendati telah mengonsumsi makanan tambahan, ASI harus terus diberikan hingga usia 2 tahun karena makanan tambahan tersebut sifatnya hanya untuk mendampingi atau melengkapi nutrisi si kecil ketika pencernaannya sudah siap mengolah makanan.

Sebagian ibu mungkin masih merasa bingung untuk merencanakan menu sehat buat si kecil yang berusia 6 bulan. Kalau tidak direncanakan atau dijadwal dengan baik, bisa-bisa si kecil malah rewel karena lapar dan ibu kesulitan membentuk rutinitas pola makannya.

Jadi, agar ibu lebih gampang menyiapkan MPASI buat si kecil setiap hari. Yuk, simak dulu jadwal pemberian MPASI untuk bayi 6 bulan berikut ya, Bu…

Pemenuhan Kebutuhan Gizi Bayi 6 Bulan

 No. 

 Jam

 Bentuk  Makanan 

 Jumlah

 1.

 06.00

 ASI

 Sekehendak bayi

 2.

 09.00

 Bubur,  buah/sari  buah,

 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan  sampai ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml  MPASI tiap kali makan.

 3.

 12.00

 ASI

 Sekehendak bayi

 4.

 15.00

 Bubur,  buah/sari  buah

 2-3 sendok makan secara bertahap tingkatkan perlahan  sampai ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml  MPASI tiap kali makan.

 5.

 18.00

 ASI

 Sekehendak bayi

 6.

 21.00 

 ASI

 Sekehendak bayi

 

Seperti yang bisa dilihat pada tabel, makanan pendamping ASI berbentuk lumat bisa diberikan 2-3 kali sehari dengan makanan selingan berupa buah atau biskuit sebanyak 1-2 kali sehari. Jumlah takaran 2-3 sendok secara bertahap hingga mencapai ½ gelas atau 125 ml setiap kali makan.

MPASI yang diberikan berupa makanan lumat seperti daging/ikan/telur, tahu/tempe  dan  buah  yang dilumatkan/disaring, seperti tomat saring, pisang lumat halus, serta pepaya lumat atau air jeruk manis. Untuk jenis bubur, Ibu dapat membuat bubur susu maupun bubur ASI.

Secara bertahap teksturnya bisa diganti makanan yang lembik atau dicincang yang mudah ditelan bayi seperti bubur nasi campur, nasi tim halus, dan bubur kacang hijau.

Usahakan untuk mengenalkan beragam jenis makanan, buah atau sayur pada bayi untuk mendukung asupan nutrisi sang buah hati seperti protein, Kalsium, Zin, zat besi, vitamin A dan vitamin C serta folat.

Jika Ibu memberikan MPASI pada bayi usia 6 bulan sesuai jadwal, Ibu akan lebih mudah membentuk pola makan secara rutin untuk mengoptimalkan perkembangan fisik dan mentalnya.

Ayo Bu, dukung si kecil jadi anak hebat dengan memberikan MPASI sesuai jadwal ya…