CARA AGAR ANAK BIASA MAKAN SAYUR

Dibandingkan buah-buahan, sayur-sayuran lebih sering menjadi momok bagi anak-anak usia prasekolah. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak dibiasakan pada sayuran sejak dini. Maka, tak ada salahnya Ibu sudah membiasakan anak makan sayur sejak dini.

Masa perkenalan anak pada makanan baru sebaiknya dimulai sejak dini, terutama 2 tahun pertama yang penting untuk pembentukan kebiasaan makan sehat pada anak . Maka, penting untuk memasukkan sayuran ke dalam menu agar si Kecil terbiasa, sehingga ia tidak menolak makan sayur saat usianya lebih tua. Ibu bisa melakukan ini untuk membiasakan si Kecil makan sayur saat ia mulai MPASI:

  1. Berikan sayuran secara bertahap

    Pada awal memberikan sayuran, berikan dalam porsi sedikit saja. Pada penyajian berikutnya, sedikit perbanyak porsinya. Lakukan secara bertahap hingga bayi terbiasa dengan rasanya. Kebanyakan orang tua menyerah mengenalkan sayur pada bayi setelah 5 kali pemberian. Rekomendasi pemberian sayur kepada bayi agar dia lebih terbiasa adalah 8 hingga 10 kali penyajian .

  2. Campur dengan makanan lain untuk menambah rasa

    Anak memiliki persepsi yang bebreda dengan orang dewasa. Dibandingkan dengan rasa manis atau asin, anak-anak cenderung menolak rasa pahit . Walau kaya serat dan bergizi, rasa sayuiran yang cenderung hambar atau pahit bisa membuat si Kecil ogah makan. Ini waktunya Ibu berkeeasi dengan mencampurkan sayuran dengan bahan makanan lain yang si Kecil suka.

  3. Kenalkan dengan beberapa jenis

    Dari beragam jenis sayuran, Ibu bisa memilih 3 sayuran untuk dimasukkan ke dalam menu MPASI si Kecil selama 5 minggu . Pemberian beragam jenis sayur secara konsisten seperti ini cenderung meningkatkan penerimaan si Kecil terhadap sayuran.

 

Tag