Tips Traveling Bersama Anak Min

Tips Traveling dengan Bayi

Liburan bersama keluarga memang menyenangkan. Selain ada pengalaman mengunjungi tempat baru bersama, kegiatan ini juga bisa menjadi bonding time. Terlebih lagi bila traveling bersama anak, ini akan menjadi pengalaman baru yang menyenangkan buat mereka.

Traveling bersama anak ke tempat baru yang jauh, apalagi untuk pertama kali, seringkali membuat  orang tua khawatir bila anak akan rewel, tidak menikmati perjalanan, atau ada keperluan si Kecil yang tidak terbawa. Agar Ibu tidak lagi bingung dan khawatir, yuk kita bahas tips traveling dengan si Kecil satu-satu!

Tentukan destinasi liburan yang kid-friendly

Langkah pertama adalah, tentukan destinasi liburan keluarga dan pilih tempat yang kid-friendly atau ramah untuk anak[1]. Untuk orang tua dengan anak balita yang belum bisa mengungkapkan keinginannya secara mandiri[2], pengambilan keputusan bisa lebih banyak bergantung pada Ibu dan Ayah. Untuk orang tua dengan anak yang sudah lebih besar (usia sekolah), mereka bisa Ibu libatkan dalam menentukan tujuan liburan.

Persiapkan perlengkapan anak

Jika rencana perjalanan sudah disiapkan, waktunya packing. Ibu tentunya harus mengepak baju si Kecil. Ingat untuk juga mengepak perlengkapan ekstra ini untuk kenyamanan si Kecil ya Bu:

  • Perlak[3] untuk ganti popok
  • Peralatan mandi anak
  • Stroller. Jika tidak memungkinkan membawa stroller sendiri, Ibu bisa menyewa stroller di kota tujuan.
  • Tisu basah
  • Mainan si Kecil
  • Camilan si Kecil
  • Obat-obatan pribadi si Kecil, seperti parasetamol, losion anti nyamuk, atau salep
  • Keperluan mengolah makanan[4], untuk ibu yang sedang menjalankan MPASI. Namun, bawa hanya bila keadaannya memungkinkan.
  • Bekal di perjalanan, sebaiknya simpan dalam insulated box yang tertutup rapat.[5] Jika membawa makanan matang, hindari mengonsumsinya lebih dari 2 jam dalam suhu ruang untuk menghindari risiko keracunan makanan. Yang terpenting, pastikan makanan dan alat makan selalu dalam keadaan bersih ya!

Ajak ke toilet dahulu sebelum berangkat

Kalau sudah selesai packing, berarti sebentar lagi waktunya berangkat! Sebelum berangkat, ajak si Kecil untuk ke toilet terlebih dahulu[6], dan pastikan ia sudah dalam keadaan kenyang[7].

Pastikan baby seat sudah terpasang dengan benar

Bila Ibu bepergian dengan menggunakan mobil, pastikan baby seat sudah terpasang dengan benar. Kalau anak merasa tidak nyaman atau mabuk perjalanan, sebaiknya menepi dan istirahat selama beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan.

Bila bepergian dengan kereta, gunakan sabuk pengaman

Bila Ibu bepergian dengan bus atau kereta, gunakan sabuk pengaman dan hindarkan si Kecil jalan-jalan di sekitar kursi ketika kendaraan sedang bergerak.

Bila bepergian dengan pesawat, pastikan anak menggunakan pakaian yang nyaman

Bila Ibu bepergian lewat jalur udara menggunakan pesawat, pastikan si Kecil menggunakan pakaian nyaman yang memudahkannya bergerak, dan tidak merepotkan saat harus melewati pemeriksaan[8]. Sebisa mungkin, pilih jadwal penerbangan yang tidak ramai dan membuat anak mudah tidur.

 

Selamat berlibur!

 
Tag