Cara Menangani Kolik Pada Bayi

Kolik pada Bayi dan Penanganannya

detail-fb detail-wa detail-twitter

Bayi menangis kencang bisa disebabkan oleh bermacam hal, seperti kelaparan, ingin popoknya diganti, atau mencari perhatian orang tuanya. Namun, bila bayi menangis terus selama berjam-jam tanpa diketahui penyebabnya, bisa jadi ia sedang mengalami kolik. Apa itu kolik dan bagaimana mengatasinya?

Apa Itu Kolik?

Kolik adalah suatu kondisi yang terjadi pada bayi, di mana bayi akan menangis kencang tanpa sebab selama lebih dari 3 jam atau lebih per hari, selama 3 hari atau lebih selama setidaknya satu pekan1. Biasanya, bayi akan menangis pada waktu yang sama atau pada malam hari.

Tanda-tanda Bayi Mengalami Kolik

Gejala lain yang biasanya ditunjukkan bayi kolik2 adalah:

  • Tangannya menggenggam saat menangis
  • Wajahnya memerah
  • Kaki dan tangannya didekatkan ke perut
  • Perutnya kembung
  • Kentut untuk mengeluarkan udara dalam perut

Penyebab Kolik pada Bayi

Kolik pada bayi biasanya disebabkan oleh beberapa hal misalnya hormon, sistem saraf atau fungsi pencernaan yang belum berkembang sempurna, menelan udara berlebih, terlalu banyak terpapar cahaya atau suara atau mungkin sensitif terhadapnya3, atau bahkan lingkungan sekitar yang kotor (ada orang dewasa yang merokok di sekitarnya)4. Lantas, bila bayi sudah kolik, bagaimana menanganinya?

Cara Mengatasi Kolik pada Bayi

Untuk penanganan pertama, Ibu bisa membuat si Kecil merasa aman dan nyaman dengan menggendong-gendong bayi (bisa dibedong ataupun tidak) dengan posisi berbeda. Untuk mencegah terlalu banyak angin masuk ke tubuh bayi, posisikan bayi dengan tegak saat waktu makan, atau usahakan membuatnya bersendawa setelah makan5. Tempatkan bayi di ruangan sendiri yang bersih dan tenang dengan cahaya redup agar mood bayi lebih terjaga. Hal ini diharapkan akan mengurangi kemungkinan kolik pada bayi.

Kalau Ibu sudah melakukan cara-cara tersebut namun kolik pada si Kecil tidak juga berhenti, segera bawa si Kecil ke tenaga medis profesional atau dokter anak untuk penanganan yang tepat ya!

 


  1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/colic/symptoms-causes/syc-20371074
  2. https://www.webmd.com/parenting/baby/colic-symptoms
  3. https://www.webmd.com/parenting/baby/what-is-colic#1
  4. https://journals.lww.com/jpgn/Fulltext/2016/05000/Infant_Colic_What_works A_Systematic_Review_of.3.aspx
  5. https://www.nct.org.uk/baby-toddler/crying/my-baby-wont-stop-crying-coping-colic-symptoms
Tag