cara agar anak mau makan sayur

Cara Agar Anak Mau Makan Sayur

detail-fb detail-wa detail-twitter

Dibandingkan buah-buahan, sayur-sayuran lebih sering menjadi momok bagi anak-anak usia prasekolah. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak dibiasakan pada sayuran sejak dini. Maka, membiasakan anak makan sayur sejak dini patut dibiasakan.

Usia 2 tahun pertama adalah periode penting dalam pembentukan kebiasaan makan pada anak[1]. Maka, penting untuk memasukkan sayuran ke dalam menu agar si Kecil terbiasa, sehingga ia terbiasa makan sayur saat usianya lebih tua. Ibu bisa melakukan ini untuk membiasakan si Kecil makan sayur:

Jadilah panutan[2]

Anak adalah peniru yang baik. Kalau si Kecil melihat orang dewasa menikmati sayur, ia akan ikut memiliki ketertarikan untuk melakukan hal serupa. Ibu bisa melakukan ini saat waktu makan bersama keluarga. Ambil sayur, lalu makanlah dengan lahap di depan anak hingga anak percaya kalau ia akan bisa menikmati sayur seperti ibunya.

Puji anak kalau mau makan

Setelah beberapa kali makan bersama, anak akhirnya bersedia mencoba sayur. Ini sebuah kemajuan lho Bu! Puji anak karena dia sudah mau makan sayur. Pilih kata yang menunjukkan bahwa Ibu bangga karena anak telah melakukannya dengan baik, seperti "Ibu senang sekali kamu akhirnya mau makan brokoli buatan Ibu!" Percaya deh, anak akan tertarik untuk mencoba sayuran lain di waktu makan.

Berikan bumbu/saus yang rasanya disukai anak[3]

Anak memiliki persepsi yang beda dengan orang dewasa. Dibandingkan dengan rasa asin, anak-anak cenderung menolak rasa pahit lebih cepat[4]. Walau kaya serat dan bergizi, rasa sayur yang cenderung hambar atau pahit bisa membuat si Kecil ogah makan. Ini waktunya Ibu berkeasi dengan menawarkan bumbu/saus lain untuk dimakan bersama sayur. Si Kecil pasti tertarik!

Terus berkreasi dan mencoba[5]

Si Kecil tidak mau langsung mencoba makan sayur? Jangan patah semangat ya Bu! Anak-anak memang perlu beberapa kali mencoba sesuatu yang baru, termasuk makan sayur, sebelum mereka menyukainya. Ibu bisa semakin berkreasi dengan sayur dan membuatkan menunya untuk anak di waktu makan yang lain.

Dengan cara-cara ini, Ibu pun bisa membiasakan anak makan sayur. Selamat mencoba ya!

Tag