Si Kecil Suka Rewel Mungkin Perutnya Tidak Nyaman Min

Si Kecil Suka Rewel? Mungkin Perutnya Tidak Nyaman

Perut yang sehat mampu memberikan banyak manfaat bagi si Kecil. Salah satu manfaatnya adalah menjadikan perutnya nyaman. Kenyamanan perut dapat diartikan sebagai rasa nyaman pada si Kecil karena saluran cernanya berfungsi dengan baik. Fungsi tersebut mencakup mencerna dan menyerap makanan, menghasilkan cairan untuk membantu proses pencernaan, pergerakan untuk menggiring makanan dari kerongkongan hingga usus, dan membuang bahan yang tidak terpakai melalui anus.

Rasa tidak nyaman yang dialami si Kecil pada bagian perut bisa disebabkan belum matangnya saluran cerna1 atau terdapat gangguan dalam saluran cerna si Kecil seperti adanya infeksi2. Jika bakteri adalah penyebabnya, biasanya berujung pada anak yang diare atau muntah-muntah3, namun bila ditangani dengan segera, kesehatan si Kecil bisa segera pulih.

Biasanya si Kecil menunjukkan rasa sakitnya dengan rewel, menangis, tidak mau makan, tegang, atau wajahnya menunjukkan ekspresi kesakitan. Untuk anak yang masih bayi dan juga mengalami kolik4, tangisnya biasanya berlangsung beberapa menit, berhenti, kemudian menangis lagi dan susah dibujuk. Kedua kaki dan tangannya juga terangkat ke atas perut dengan tangan mengepal dan wajah kemerahan.

Kalau si Kecil rewel karena perutnya tidak nyaman, lalu Ibu harus bagaimana? Langkah pertama, cari tahu penyebab perutnya tidak nyaman. Jika anak Ibu masih bayi dan dia rewel karena kolik, membedong anak dan menggendong-gendongnya dapat membuat anak nyaman sehingga membantu menenangkannya karena5. Boleh juga Ibu memberikan empeng untuk membuat anak tenang.

Kalau ternyata anak Ibu sakit perut karena sembelit, Ibu bisa memberikan makanan sumber serat, membiarkan si Kecil banyak bergerak, atau menjadwal kebiasaan buang air setelah makan, selama dua kali sehari masing-masing setidaknya selama 10 menit6.

Nah, bagaimana kalau Ibu sudah melakukan tindakan agar anak menjadi nyaman, namun dia masih rewel saja? Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak ya Bu untuk penanganan yang lebih tepat!

 


Sumber:

  1. https://www.alodokter.com/mengenali-gangguan-pencernaan-pada-batita-dan-cara-mengatasinya
  2. https://raisingchildren.net.au/guides/a-z-health-reference/stomach-ache
  3. https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/abdominal/Pages/Abdominal-Pains-in- Infants.aspx
  4. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kolik-pada-bayi-bagian-1
  5. https://www.healthline.com/health/childrens-health/best-colic-remedies#other-remedies      6 https://www.webmd.com/children/child-constipated#1
Tag