pencernaan anak yang sehat

Bisakah Pencernaan Anak Pengaruhi Moodnya?

detail-fb detail-wa detail-twitter

Untuk tumbuh kembang optimal, penting bagi si Kecil untuk memiliki pencernaan yang sehat. Sebab, pencernaan memecah nutrisi dalam makanan agar dapat dicerna tubuh untuk pertumbuhan, pembentukan energi, dan perbaikan sel-sel tubuh1.

Tak hanya berpengaruh pada pertumbuhan badan, kesehatan pencernaan ternyata juga berpengaruh terhadap mood anak lho! Sebab, di saluran cerna manusia terdapat 90% reseptor serotonin yang berkaitan dengan mood atau suasana hati2.

Sebentar, apa itu serotonin? Sederhananya, serotonin adalah zat kimia dalam tubuh yang salah satu tugasnya adalah mengatur mood manusia3. Semakin banyak jumlah serotonin yang dihasilkan tubuh, semakin bagus suasana hati seseorang.

Biasanya, zat kimia ini diproduksi secara alami oleh tubuh setelah makan. Bila si Kecil makan makanan sehat setiap waktu makan, tak hanya ia merasa bahagia karena produksi serotonin, namun tubuhnya mendapatkan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Lantas, apa yang terjadi bila jumlah serotonin tidak seimbang akibat gangguan pencernaan? Dampaknya, anak bisa mengalami gangguan mood alias ngambek, dari ringan hingga berat4. Biasanya, si Kecil dengan gangguan pencernaan akan menunjukkan gejala berupa rewel, perut kembung, muntah, atau dehidrasi5. Mood anak yang sudah tidak seimbang akan menjadi semakin parah.

Maka dari itu, selalu pastikan si Kecil mengonsumsi makanan berserat untuk menjaga kesehatan pencernaannya dan keseimbangan moodnya. Ibu juga dapat memberikan susu pertumbuhan tinggi serat seperti susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre tinggi serat dan diperkaya dengan FOS:GOS 1:9. Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat.

 


  1. http://www.ibdclinic.ca/what-is-ibd/digestive-system-and-its-function/why-is-digestion-important/
  2. https://www.health.harvard.edu/blog/gut-feelings-how-food-affects-your-mood-2018120715548
  3. https://www.alodokter.com/cara-meningkatkan-hormon-serotonin-untuk-menghindari-depresi
  4. https://www.healthline.com/health/serotonin-deficiency#symptoms
  5. https://www.alodokter.com/mengenali-gangguan-pencernaan-pada-batita-dan-cara-mengatasinya
Tag