perut sehat

Apakah Mood Anak Bisa Dipengaruhi Oleh Perutnya?

detail-fb detail-wa detail-twitter

Perut ternyata mempunyai fungsi lebih dari sekedar pencernaan saja. Perut juga mempunyai  pengaruh besar terhadap fungsi otak. Hal ini terjadi karena usus dan otak selalu berkomunikasi melalui sistem saraf sehingga kondisi perut dapat mempengaruhi suasana hati seseorang[1].

Tak hanya orang dewasa, namun anak juga bisa mengalami perubahan mood tergantung kondisi perutnya. Salah satu penyebabnya adalah adanya serotonin di dalam perut. Serotonin adalah zat kimia yang dihasilkan oleh saluran cerna untuk dikirim ke otak dan kemudian otak mendapatkan sinyal yang mengatur suasana hati, selera makan, tidur dan ingatan. Sekitar 90% serotonin di dalam tubuh terdapat di dalam saluran cerna[2]. Produksi serotonin yang cukup dapat menjadikan suasana hati si Kecil tenang serta tidak mudah cemas sehingga dapat mempelajari banyak hal lebih baik.

Saat si Kecil mengalami gangguan pada perutnya seperti peradangan akibat infeksi atau makanan yang tidak dapat ditoleransi oleh tubuh, sel yang menyimpan dan memproduksi serotonin di dalam perut si Kecil juga dapat terganggu dan dapat berpengaruh pada suasana hati si Kecil. Jadi penting sekali ternyata ya bu untuk memjaga perut sehat Si Kecil :)

Gangguan pada perut dikaitkan dengan ketidakseimbangan mikroflora di dalam perut yang didominasi bakteri jahat[3]. Oleh karena itu, bantu jaga perut si Kecil agar tetap sehat dengan memberinya sumber makanan mengandung probiotik[4] seperti yogurt dan beberapa jenis keju (gouda, mozarella, cheddar).

Selain makanan probiotik, Ibu juga bisa memberikan makanan yang kaya serat prebiotik[5] seperti pisang, buah-buahan beri, sayuran berdaun hijau atau oat.

Nah, selain makanan prebiotik dan probiotik, Ibu juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil dengan susu pertumbuhan seperti susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre yang tinggi serat dan diperkaya FOS:GOS 1:9.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan 6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil, karena Bebelac Gold mengandung 2 gram serat tiap sajiannya.

Tag