manfaat serat bagi tubuh

Manfaat Serat untuk Si Kecil

detail-fb detail-wa detail-twitter

Serat adalah salah satu nutrisi yang wajib diasup anak-anak di masa pertumbuhan. Tak sulit untuk  menemukan sumber serat, karena terdapat dalam berbagai makanan yang dikonsumsi si Kecil. Kandungan serat paling tinggi terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran, yang bisa mulai dikonsumsi anak sejak usia 6 bulan.

Serat memiliki manfaat yang mendukung tumbuh kembang anak. Salah satu manfaat serat bagi kesehatan tubuh anak yaitu menjaga kesehatan pencernaan agar tetap lancar dan menekan risiko gangguan pencernaan seperti sembelit1. Tak hanya itu, serat pun memiliki manfaat lain seperti:

  • Membuat cepat kenyang sehingga rasa laparnya lebih terkontrol2
  • Mengontrol berat badan anak3
  • Menjaga kesehatan usus4
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mendukung tumbuh kembang si Kecil secara optimal

Sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, anak usia balita (1-3 tahun) perlu serat sebanyak 16 gram5 setiap harinya, atau setara dengan serat dalam 1,5 cangkir kacang hijau rebus6. Maka dari itu, pastikan asupan serat harian si Kecil selalu terpenuhi dengan memasukkan makanan kaya serat ke dalam menu hariannya.

Sebagai tambahan, Ibu juga bisa bantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil dengan susu pertumbuhan seperti susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre yang tinggi serat dan diperkaya FOS:GOS 1:9.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan 6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil.

 


  1. https://www.nutrition.org.uk/healthyliving/basics/fibre.html
  2. https://w ww.webmd.com/diet/features/fiber fiber-digestiodigestion
  3. https://kidshealth.org/en/parents/fiber.html
  4. https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PMK No. 75 ttg Angka Kecukupan Gizi Bangsa Indonesia.pdf
  5. https://health.gov/dietaryguidelines/2015/guidelines/appendix appendix-13/
Tag