Resep mashed potato brokoli

Resep Mashed Potato Brokoli

detail-fb detail-wa detail-twitter

Mashed potato atau kentang tumbuk biasanya dijadikan pendamping hidangan steak. Banyak orang yang menyukai sajian mashed potato karena rasanya yang gurih dan creamy. Tapi, tahukah Ibu kalau hidangan mashed potato ini bisa diolah menjadi makanan lain yang tidak kalah lezat dan bernutrisi tinggi? Apa lagi jika si Kecil mulai bosan makan nasi, resep mashed potato ini bisa Ibu coba di rumah.

Tidak seperti sajian mashed potato pada umumnya, terdapat bahan tambahan untuk dapat membuat resep yang satu ini, yaitu brokoli! Mengapa brokoli? Sayuran satu ini sudah lama dikenal sebagai makanan yang kaya manfaat.

Brokoli terbukti mengandung zat antioksidan yang baik bagi tubuh, termasuk untuk melawan penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah. Tak hanya itu saja, ternyata brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi, bahkan dalam satu mangkok brokoli, terkandung kalsium yang setara dengan satu gelas susu! Di saat bersamaan, brokoli juga mengandung vitamin C yang lebih tinggi dari satu buah jeruk, yang mudah diserap oleh tubuh, dan membantu menyerap zat besi dalam tubuh juga.

[1]Nah, sudah tidak sabar ingin mencoba resep mashed potato brokoli ini? Yuk, simak cara pembuatannya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Kentang, potong dadu, kukus, haluskan 500 gram
  • Brokoli rebus 200 gram
  • Bawang bombay, cincang ½ buah
  • Garam 1 sdt
  • Merica ½ sdt
  • Gula pasir 1 sdt
  • Mentega 1 sdm
  • Bebelac Gold 30 gram
  • Air 750 ml

Cara Membuat Mashed Potato Brokoli:

  1. Langkah pertama, tumis bawang bombay hingga harum
  2. Tuang susu Bebelac Gold yang telah dilarutkan dengan air bersuhu di bawah 70℃
  3. Selanjutnya, masukkan kentang dan semua bumbu, masak dengan api kecil
  4. Tambahkan brokoli ke dalam campuran kentang
  5. Aduk rata, sajikan dengan keju parut (opsional)
  6. Mashed potato brokoli siap disajikan!

Mudah sekali ya, Bu? Kelezatan resep mashed potato brokoli ini sangat cocok dinikmati sebagai menu sarapan di rumah bersama si Kecil dan juga keluarga tercinta. Pasalnya, kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat baik pengganti nasi. Selain itu, kandungan pati resisten yang dimiliki kentang yang ternyata bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan[2]. Selamat mencoba ya, Bu!

 

[1] Hill, A., & LD. (n.d.). Top 14 health benefits of broccoli. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-broccoli

[2] Raman, R. (n.d.). 7 health and nutrition benefits of potatoes. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes

Tag