Resep Tahu Kukus

Resep Tahu Kukus Sosis

detail-fb detail-wa detail-twitter

Tahukah Ibu bahwa serat memegang beberapa peranan penting dalam menjaga kesehatan si Kecil?  Makanan-makanan berserat memungkinkan sistem pencernaan si Kecil berjalan dengan lancar dan membersihkan saluran pembuangan serta menjauhkan si Kecil dari konstipasi.[1] Hal inilah yang mewajibkan Ibu untuk penuhi kebutuhan asupan si Kecil setiap kali makan, termasuk saat makan siang.

Salah satu hidangan yang bisa Ibu coba adalah resep tahu kukus dengan sosis yang akan kita bahas kali ini. Perlu diketahui kalau tahu adalah salah satu sumber serat, yakni dengan kandungan sekitar 1 gram di tiap 1 buah (100 gram) tahu.

Namun selain itu, tahu juga tinggi akan kandungan-kandungan lainnya yang dibutuhkan si Kecil, yakni protein serta vitamin dan mineral.[2] Beberapa di antaranya yang bisa diperoleh dari tahu, antara lain Vitamin B, zat besi, magan, serta zinc.[3] Menarik ya, Bu!

Tak perlu menunggu lebih lama lagi, Bu! Berikut adalah resep tahu kukus sosis untuk 4 porsi yang bisa Ibu coba di rumah!

Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Tahu putih 4 buah
  • Sosis sapi/ayam, dipotong kecil  4 buah
  • Brokoli, dicincang ½ bonggol (100 gram)
  • Garam ½ sendok teh
  • Merica ⅛ sendok teh
  • Gula pasir ½ sendok teh
  • Telur 1 butir

Cara Membuat Resep Tahu Kukus Sosis:

  1. Campurkan semua bahan hingga merata
  2. Masukkan adonan ke cetakan berbentuk cup kecil
  3. Kukus hingga adonan matang
  4. Resep tahu kukus sosis buatan Ibu siap dihidangkan!

Cukup mudah kan, Bu? Resep tahu kukus ini dirancang untuk mudah diikuti guna membantu Ibu memenuhi asupan serat harian si Kecil. Dengan tekstur yang lembut dan perpaduan bumbu-bumbu yang seimbang, tentu si Kecil akan menyukai hidangan yang satu ini!

Namun, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan serat si Kecil dengan menu-menu lainnya tiap kali makan ya, Bu! Hal ini berarti Ibu juga harus menyediakan serat pada menu sarapan dan makan malam juga. Sebagai inspirasi, Ibu dapat melihat menu-menu tinggi serat lainnya selain resep tahu kukus sosis yang lezat ini melalui laman Menupedia kami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Bu!

 

[2] What is tofu, and is it good for you? (n.d.). Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-tofu#nutrition

[3] Health benefits of tofu. (2019, August 27). WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-tofu#1

Tag