Resep misoa

Resep Misoa

detail-fb detail-wa detail-twitter

Misoa merupakan sebuah mie kering yang sangat halus dan biasanya terbuat dari tepung terigu. Selain halus, teksturnya juga mudah patah dan berwarna putih. Ketika misoa dimasak, teksturnya akan berubah menjadi semakin lembut dan tidak kenyal seperti mie kebanyakan. Nah, kali ini kami akan membagikan resep misoa yang menggunakan campuran tomat dan daging giling.

Kandungan tomat sebagai buah ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah berwarna merah yang memiliki rasa asam ini mengandung berbagai macam vitamin, zat mineral, hingga senyawa tumbuhan yang luar biasa!

Kandungan tomat tidak hanya datang dari dagingnya saja, tapi juga kulitnya. Itulah sebabnya, kandungan tomat tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, dalam 100 gram kandungan tomat, terdapat 1,5 gram serat di dalamnya. Sebagian besar serat (87%) yang pada kandungan tomat adalah hemiselulosa, selulosa, dan lignin. Kandungan tomat yang satu ini sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita untuk mencegah sembelit dan penyakit sistem pencernaan lainnya.

Serat juga bisa menjaga kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh. Satu buah tomat berukuran sedang ternyata sudah mengandung 28% rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin C. Kandungan tomat yang satu ini dianggap sebagai nutrisi esensial dan antioksidan yang bisa mencegah berbagai macam penyakit.[1]

Kalau Ibu sedang mencari menu makanan sehat yang lezat bersama si Kecil dan keluarga tercinta, resep misoa ini bisa dijadikan pilihan. Yuk, cari tahu cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Misoa 150 gram
  • Daging cincang 100 gram
  • Tomat, buang bijinya dan potong kecil-kecil 50 gram
  • Kembang kol, potong halus 100 gram
  • Keju
  • Bawang bombay, cincang halus ¼ buah

Cara Membuat Misoa:

  1. Langkah pertama, tumis tomat segar dan bawang bombay
  2. Setelah ditumis hingga harum, masukkan ke dalam blender. Haluskan
  3. Berikutnya, tuang kembali bahan-bahan yang sudah diblender ke dalam wajan. Tambahkan daging cincang dan kembang kol
  4. Beri bumbu garam dan kaldu sapi bubuk
  5. Di wadah terpisah, rendam misoa sampai lembut. Sisihkan dalam mangkuk
  6. Pindahkan ke cetakan, tuang saus tomat daging dan beri parutan keju
  7. Terakhir, panggang selama 10 menit dalam oven
  8. Misoa siap untuk disajikan!

Proses pembuatannya mudah kan, Bu? Hidangan ini sangat cocok untuk disajikan sebagai menu camilan bersama keluarga tercinta. Ibu juga bisa menyajikannya dengan saus tomat ataupun sambel, sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bu!

 

[1](Ice), A. B. (n.d.). Tomatoes 101: Nutrition facts and health benefits. Retrieved from https://www.healthline.com/nutrition/foods/tomatoes

Tag