Tempura Ice Cream

Resep Tempura Ice Cream

detail-fb detail-wa detail-twitter

Es krim goreng merupakan sebuah makanan penutup (dessert) berupa es krim yang digoreng. Es krim goreng ini biasanya mempunyai banyak varian tergantung dari selera pembuatnya. Salah satu menu es krim goreng yang banyak dinikmati, yakni tempura ice cream .

Pada dasarnya tempura ice cream mengadopsi makanan Jepang yang biasanya berbahan utama makanan laut atau sayur-sayuran. Bahan makanan ini kemudian dicelup ke dalam adonan yang terdiri dari tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air dingin dan digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak hingga warnanya berubah menjadi kuning muda.

Resep tempura ice cream kali ini bakal menggunakan roti tawar sebagai bahan utama. Roti jenis ini diperkaya dengan mikronutrien ekstra untuk meningkatkan nilai gizinya. Beberapa senyawa umum yang sering kali terdapat di dalam roti antara lain zat besi, riboflavin, tiamin, dan niasin.[1]

Nah, seperti apa proses pembuatan tempura ice cream ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ya!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • Es krim favorit 700 ml
  • Roti tawar 10 lembar
  • Tepung bumbu manis 1 bungkus
  • Tepung panko 300 gram
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tempura Ice Cream :

  1. Cara pertama adalah dengan meletakkan bulatan 1 sendok es krim ke roti tawar
  2. Setelah itu, bungkus membentuk bulatan-bulatan, lalu bekukan selama beberapa jam
  3. Jika sudah, ambil tepung bumbu dan tambahkan air kemudian aduk rata
  4. Celupkan roti ke adonan encer dan gulingkan ke atas tepung bumbu
  5. Celupkan lagi ke dalam tepung bumbu sebelum menggulingkannya di atas tepung panko
  6. Berikutnya, panaskan minyak dan goreng hingga kecokelatan
  7. Terakhir, angkat dan tiriskan

Untuk mendapatkan tekstur yang kriuk, namun lembut, segera sajikan tempura ice cream  buatan Ibu. Tips membuat tempura adalah pastikan Ibu tidak menggorengnya  terlalu lama sebab es krim bisa dengan cepat meleleh. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa Ibu perlu segera menyajikannya.

Tips lainnya, ketika memilih es krim usahakan untuk tidak memilih es krim yang terlalu manis sebab dengan adanya rasa yang berlebihan ini, bisa jadi es krim manis punya kalori, gula, dan lemak berlebih yang justru tidak baik untuk si Kecil. Selamat mencoba!

 

[1] Link, R. (n.d.). Is bread bad for you? Nutrition facts and more. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-bread-bad-for-you

Tag