SUMBER MAKANAN TINGGI SERAT

Sumber Makanan Tinggi Serat

Admin | 13 Nov 2019

Kesehatan pencernaan adalah salah satu indikator sempurnanya tumbuh kembang si Kecil. Untuk itu, asupan serat untuk kelancaran pencernaan si Kecil usia 1-3 tahun perlu diperhatikan, sebab kebutuhan serat mereka meningkat dibanding sebelumnya. Setiap harinya, anak usia 1-3 tahun perlu mengonsumsi serat sebanyak 16 gram sesuai ketentuan Departemen Kesehatan. Untuk mencukupi kebutuhan serat harian si Kecil, Ibu bisa memberikan makanan tinggi serat berikut ini:

Apel dan pir (dengan kulitnya)

Apel dan Pir adalah contoh buah tinggi serat yang mudah didapat. Ibu bisa memotong-potong apel dan pir berbentuk dadu agar lebih mudah dikonsumsi si Kecil. Apel dengan kulitnya mengandung 0,65 gram setiap 100 gram penyajiannya . Sebagai patokan, sebuah apel Granny Smith berukuran kecil memiliki berat berkisar 125-155 gram .

Kentang rebus (dengan kulitnya)

Agar waktu makannya jadi lebih menyenangkan, taburkan topping kesukaan si Kecil di atas kentang rebus yang sudah matang. Ibu dapat merebus kentang utuh atau mengirisnya dalam ukuran yang lebih kecil. Dalam tiap 100 gram kentang terkandung 0,4 gram serat2. Sebagai informasi, kentang jenis Desiree berukuran kecil memiliki berat rata-rata 100-135 gram3.

Kacang-kacangan

Punya kacang hijau, kacang tanah, atau kacang kedelai di rumah? Ibu bisa membuatkan bubur kacang hijau, atau kudapan kaya serat dari bahan kacang-kacangan untuk si Kecil. Kacang hijau memiliki kadar serat lebih tinggi dibanding kacang-kacangan lain setiap 100 gram penyajian (atau setara dengan 10 sdm. kacang hijau yang belum dimasak ), yaitu 4,3 gram .

Roti gandum

Ibu bisa membuatkan sandwich roti gandum berisi sayur dan daging untuk diberikan pada buah hati. Dalam tiap lembar roti gandum sudah mengandung 2 gram serat , dan tentu jumlah seratnya akan bertambah bila dipadukan dengan isiannya. Si Kecil senang, gizinya pun terpenuhi.

Buah-buahan berry

Si Kecil akan suka memakan langsung strawberry, blueberry, atau raspberry yang kecil dengan cita rasanya yang manis asam. Ibu juga bisa berkreasi dengan menjadikannya smoothie atau es krim. Strawberry yang relatif lebih mudah didapat, mengandung 3 gram serat dalam tiap 1 cangkir penyajiannya6.

Oat

Oat yang dikenal tinggi serat merupakan pilihan populer untuk sarapan. Untuk oat instan yang sudah dimasak, terkandung 5 gram serat dalam setiap takaran 1 cangkir6. Namun, cara menyiapkan oat untuk anak sedikit berbeda dengan untuk orang dewasa. Ibu bisa membuatkan bubur oat untuk si Kecil yang giginya baru tumbuh dan menambahkan topping buah di atasnya agar lebih menarik.

 

Saat si Kecil mulai mengenal makanan padat, kadang Ibu butuh usaha lebih agar anak mau mengonsumsinya. Selain melengkapi serat dengan makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, Ibu juga bisa bantu lengkapi kebutuhan serat si Kecil dengan susu pertumbuhan Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre yang tinggi serat dan diperkaya FOS:GOS 1:9. Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan 6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari dan dilengkapi dengan 1 porsi snack buah untuk membantu memenuhi ±50% kebutuhan serat harian si Kecil.

Tag