resep puding yogurt, cara membuat puding yogurt

Resep Puding Yogurt

detail-fb detail-wa detail-twitter

Siapa bilang yogurt tidak bisa dibuat puding? Dengan resep puding yogurt berikut ini Ibu bisa menikmati minuman ini dengan cara berbeda bersama keluarga. Bagi yang belum tahu, yogurt merupakan minuman berbahan dasar susu yang dihasilkan dari fermentasi bakteri baik. Minuman ini difavoritkan oleh banyak orang karena rasanya yang unik serta manfaatnya yang beragam.

Pasalnya, ada banyak kandungan kalsium dan mineral di dalamnya yang diperlukan oleh gigi dan tulang. Selain itu, yogurt juga tinggi vitamin B, khususnya vitamin B12 dan riboflavin di mana keduanya dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung dan cacat lahir tabung saraf tertentu.

Manfaat utama yang sering kali dikaitkan dengan yogurt adalah senyawa probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi masalah pada sistem pencernaan seperti kembung, diare, dan sembelit.[1]

Selain menggunakan yogurt sebagai bahan utama, resep kali ini juga menggunakan Strawberry. Seperti yang diketahui, yogurt Strawberry mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Air, karbohidrat, lemak, dan protein merupakan zat paling banyak di dalam Strawberry. Selain itu, ada juga kalori, serat, gula, dan lemak.

Dengan kandungan di dalamnya, buah ini pun mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta membantu mengatur gula darah.[2] Nah, bagaimana cara membuat puding yogurt? Simak resep cara membuat yogurt buah di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Yogurt Pudding Recipes:

  • Strawberry 8 buah
  • Yoghurt Drink Rasa Strawberry 1 botol 150 ml
  • Agar-agar 1 bungkus atau 7 gram
  • Air matang 1 cup atau 235 ml
  • Susu Bebelac yang sudah dicairkan 1 cup atau 235 ml

Cara Membuat Puding Yogurt:

  1. Pertama-tama, blender strawberry dengan yoghurt lalu sisihkan
  2. Sementara di panci, larutkan agar-agar bubuk dengan air matang
  3. Tambahkan susu cair dan aduk hingga merata
  4. Tambahkan Strawberry dan yogurt kemudian aduk lagi sampai rata
  5. Langkah selanjutnya, masak hingga mendidih
  6. Tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air matang
  7. Selanjutnya, tunggu hingga puding mengeras

Cukup mudah ‘kan, Bu? Intinya sebelum dinikmati, masukkan pudingnya terlebih dahulu ke dalam kulkas agar rasanya lebih nikmat. Tidak hanya rasa yang nikmat, Ibu dan keluarga pun bakal menikmati camilan yang sehat.

 

[1] Elliott, B. (n.d.). 7 impressive health benefits of yogurt. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/7-benefits-of-yogurt

[2] (Ice), A. B. (n.d.). Strawberries 101: Nutrition facts and health benefits. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries