Kembali ke Resep & Nutrisi

10 Makanan untuk Perkembangan Otak si Kecil

Para ahli nutrisi menganjurkan, para orang tua sebaiknya memilih makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak Si Ke...

4 min
09 Sep 2022

Artikel ini belum diulas

Para ahli nutrisi menganjurkan, para orang tua sebaiknya memilih makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak Si Kecil. Ada beberapa jenis makanan diketahui dapat mendukung perkembangan otak si Kecil pada masa pertumbuhan, serta meningkatkan daya ingat serta konsentrasinya. Karena itu, ahli nutrisi M&B Lowri Turne menyarankan bagi para orang tua untuk memberikan asupan nutrisi yang tepat kepada anak-anaknya agar tumbuh kembang fungsi otak maksimal.

Berikut adalah jenis makanan yang direkomendasikan para ahli untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak Si Kecil (dikutip dari sumber)

1. Telur

Telur merupakan sumber protein. Kuning telur yang berada di dalamnya mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak.

2. Ikan

Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak yang bermanfaat seperti salmon. Ikan adalah makanan untuk pertumbuhan otak bayi karena merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak Si Kecil. Beberapa studi juga membuktikan, mereka yang gemar menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

4. Daging sapi bebas lemak

Zat besi berguna membantu Si Kecil tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber terbaik zat besi karena mudah diserap oleh tubuh. Satu potong daging sapi dengan berat 100 gram setiap hari akan membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber makanan lainnya. Daging sapi juga mengandung zinc yang akan membantu Si Kecil memelihara daya ingatnya.

5. Selai kacang

Kacang kaya akan vitamin E dan merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel-sel otak terhadap radikal bebas. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah selai kacang yang rendah gula dan natrium.

6. Sayuran bewarna

Semakin segar dan cerah warna sayuran, semakin tinggi kandungan antioksidannya. Tomat, wortel, bayam ataupun labu merupakan makanan yang kaya antioksidan. makanan untuk pertumbuhan otak bayi ini dipercaya dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel otak.

7. Oat

Oat merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potasium dan zinc yang akan membantu tubuh dan otak bekerja optimal.

8. Kacang hijau

Selain tinggi protein dan karbohidrat, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubuh dan perkembangan otak. Sehingga makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi Si Kecil, mengingat nutrisinya yang sangat lengkap.

9. Gandum

Gandum adalah makanan untuk pertumbuhan otak bayi. Gandum mampu meningkatkan kinerja otak anak karena mengandung vitamin A, E, B6, dan kalsium yang baik.

10. Pisang

Pisang adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebuah pisang mengandung fosfor, belerang, dan kalsium. Beberapa jenis pisang yang baik untuk perkembangan otak adalah pisang hijau, pisang kepok, dan pisang raja.

 

|||/Articles/Articles/Balita (1-5 years old)/Nutrisi/11-makanan-dan-buah-yang-melancarkan-pencernaan-anak


Artikel Terkait