Manfaat ASI sebagai Prebiotik untuk Bayi

Bayi yang mengkonsumsi ASI akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Mengapa? ASI dengan berbagai zat yang terkandung di dalamnya m...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
19 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Bayi yang mengkonsumsi ASI akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik. Mengapa? ASI dengan berbagai zat yang terkandung di dalamnya merupakan sumber prebiotik alami pertama dan terbaik yang dapat diperoleh bayi pada awal kehidupannya. Efek prebiotik untuk bayi ini memungkinkan dominasi bakteri baik dalam usus.

Saat jumlah bakteri baik di dalam usus besar meningkat, maka otomatis kekebalan sistem pencernaan bayi akan meningkat pula. Sehingga tak heran, bayi tak mudah sakit karena terserang bakteri yang mungkin masuk melalui sistem pencernaannya. Apalagi, banyak bayi mempunyai kebiasaan memasukkan benda-benda seperti mainan ke dalam mulutnya. Coba deh Ibu bayangkan, berapa banyak peluang masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh si kecil?

Untuk itu, berikan perlindungan berupa prebiotik untuk bayi dengan kandungan terbaik pada si kecil melalui pemberian ASI. Terutama pada periode enam bulan pertama awal kehidupannya. Let's breastfeed, Moms!

|||/Articles/Articles/Bayi (0-12 months)/Nutrisi/10-jenis-susu-dan-manfaatnya-yang-harus-ibu-tahu


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait