Adik Baru

Memperkenalkan Calon Adik

detail-fb detail-wa detail-twitter

Memiliki anak lagi bisa menjadi waktu yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga, termasuk anak Anda yang lebih tua. Setiap ibu tentunya ingin membuat pertemuan pertama yang mengesankan antara anak pertamanya dengan calon adiknya. 

Mari kita pelajari bagaimana cara memperkenalkan calon adik kepada kakak.

5 Cara Memperkenalkan Calon Adik kepada Kakak

1. Lakukan persiapan

Salah satu tips agar kakak tidak cemburu pada adik baru adalah mulai libatkan anak sulung sejak proses kehamilan. Misalnya, memberi tahu mereka sedini mungkin bahwa adik mereka sedang berada di dalam perut ibunya dan suatu hari akan lahir menjadi teman barunya.

2. Jangan jelaskan terlalu banyak

Balita Anda belum mengerti begitu banyak tentang adik barunya, jadi jangan berikan mereka penjelasan yang terlampau detail. Anda harus mengukur tingkat pemahaman anak pertama Anda.

3. Atur pertemuan

Anak Anda mungkin akan panik melihat ibunya masuk rumah sakit untuk melahirkan. Mereka bisa jadi takut atau kaget melihat masih ada tali pusar di tubuh adiknya. Jadi, atur pertemuan serapi mungkin, misalnya setelah bayi Anda yang baru lahir sudah memakai popok dan berpakaian.

4. Pilih momen tepat

Buatlah pertemuan antara si kakak dan si adik ketika si kakak sedang dalam kondisi bahagia dan tidak lelah. Anda juga harus bersikap tenang menunggu saat mempertemukan mereka.

5. Tetap santai

Pertemuan dua anak kecil adalah momen besar, namun cobalah membuat si kakak tetap seperti balita kesayangan Anda. Anak kecil memang tertarik menunggu pertemuan pertama dengan diknya, namuan jangan membuat mereka ikut merasakan gelisah.

Itulah lima tips agar kakak tidak cemburu pada adik baru. Pastikan Ibu juga dapat memberikan informasi kepada anak sulung dengan jelas.