Img_large_0135_shutterstock_82500631

Cara Mempersiapkan Kakak untuk Punya Adik Baru

detail-fb detail-wa detail-twitter

Beritahu si Sulung bahwa Ibu Hamil

Memberitahu si Sulung bahwa ia akan punya adik baru adalah hal penting. Saat terbaik untuk melakukannya adalah ketika perut Ibu mulai terlihat membuncit. Saat itu, si Sulung baru akan percaya bahwa ada mahluk kecil yang sedang tumbuh dalam perut Ibunya. Ajak ia mengelus perut Ibu dan menyapa calon adiknya dari luar. Yakinkan, bahwa adik pasti akan menyayangi kakaknya. Psikologi anak yang akan mempunyai adik tentunya lebih sensitif, karena itu Ibu harus menyampaikannya dengan perlahan.

Cara Mempersiapkan Kakak untuk Punya Adik Baru

Saat kehamilan, coba habiskan waktu sebanyak mungkin dengan si Sulung. Karena dalam beberapa bulan ke depan, banyak hal akan mengalami perubahan. Sang kakak tak mungkin mendominasi 100% perhatian Ibunya saat adik baru lahir. Psikologi anak yang akan mempunyai adik tentu lebih sensitif. Karena itu, minta juga bantuan dari orang-orang terdekat untuk membantu menjaga dan memperhatikan si Sulung pada saat awal usai kelahiran nanti. Misalnya, akrabkan si sulung dengan kakek neneknya, atau buat si Ayah pandai menemaninya bermain.

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak dengan Baik

Jika si Sulung juga masih balita, mungkin ia juga belum sepenuhnya paham tentang arti memiliki adik baru. Ceritakan padanya tentang bagaimana Ibu melahirkan dan merawat si Sulung saat ia masih bayi. Jika anak Ibu sudah cukup besar dan mulai dapat mengerti tentang banyak hal, tunjukkan padanya album foto atau rekaman video saat ia masih bayi. Libatkan sang kakak saat jadwal pemeriksaan ke dokter kandungan sebagai salah satu cara mendidik anak yang akan punya adik. Pasti ia akan senang bila dapat melihat gambaran calon adik di monitor USG.

Pada saat awal, berbagi perhatian dan kasih sayang dengan adik memang cukup memusingkan. Tapi jangan khawatir, setelah banyak berlatih, ia akan terbiasa dengan kehadiran bayi baru di rumah.