Mengintip Perkembangan Janin Usia 19 Minggu

Mengintip Perkembangan Janin Usia 19 Minggu

detail-fb detail-wa detail-twitter

Perkembangan Janin Usia 19 Minggu

Minggu ini bayi Ibu sudah belajar mengecap rasa. Indera perasanya memang telah berkembang dengan baik. Tak heran, si Kecil tampaknya suka pada rasa manis yang ada dalam air ketuban.

Ukuran si Kecil saat ini sekitar 15 cm. Indera pendengarannya juga telah berkembang dan mulai menangkap irama musik atau suara keras dari luar perut Ibu. Ayo, biasakan ajak si kecil bicara sambil mengelus perut Ibu dengan lembut. Rasakan kehadirannya di dalam tubuh ibu.

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 19 Minggu

Perubahan hormon dan metabolisme tubuh pada Ibu hamil memang sering menimbulkan rasa sakit kepala. Ibu bisa konsultasikan hal ini saat jadwal pemeriksaan ke dokter kandungan, supaya mengetahui cara tepat mengatasinya.

Demi kesehatan Ibu dan bayi, perhatikan konsumsi makanan sehat selama kehamilan. Usahakan makan buah, sayur, dan gandum sesering mungkin untuk menjaga kadar gula darah. Konsumsi yoghurt dan keju (pasteurisasi – periksa label) juga dapat menjaga asupan kalsium kehamilan.

Tahukah Ibu?

Selama trimester kedua, Ibu mungkin akan merasa asam lambung meningkat. Lagi-lagi penyebabnya adalah hormon kehamilan. Bila kondisi ini terjadi pada Ibu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan pedas, berlemak, gorengan, minuman bersoda, dan kopi. Minum segelas susu atau yoghurt tawar juga dapat membantu perut Ibu merasa lebih nyaman.