Mengetahui Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

Mengetahui Perkembangan Janin usia 18 Minggu

detail-fb detail-wa detail-twitter

Perkembangan Janin Usia 18 Minggu

Hamil 18 minggu merupakan salah satu saat yang dinantikan kebanyakan Ibu hamil. Saat ini, Ibu mulai dapat merasakan tendangan - tendangan halus menggelitik dari dalam perutnya. Si Kecil memang mulai memiliki ritme harian di dalam rahim. Ada saat tidur dan terbangun. Panjangnya juga sudah mencapai 14 cm, dengan berat sekitar 200 gram.

Sidik jari yang unik juga mulai terbentuk pada jari tangan dan kaki. Siapkan diri juga dengan kejutan lain pada minggu ini, karena jenis kelamin bayi biasanya sudah mulai terlihat melalui USG. Penasaran ‘kan? Kira-kira harus membeli baju bayi warna pink atau baby blue ya?

Perubahan Pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 18 Minggu

Jantung Ibu bekerja lebih keras saat hamil untuk menyalurkan nutrisi pertumbuhan bagi si Kecil. Rahim yang membesar dan menekan pembuluh darah utama juga seringkali menyebabkan aliran darah tak lancar. Akibatnya, Ibu hamil sering merasa pusing.

Istirahat cukup adalah cara efektif mengatasi kondisi ini. Biasakan pula bangun perlahan dari tempat tidur. Untuk menjaga kadar gula dalam darah, cobalah konsumsi makanan sehat seperti gandum, sayur dan buah. Pilihan makanan tersebut lebih baik ketimbang cemilan bergula.

Tahukah Ibu?

Gerakan si Kecil yang makin aktif akan mulai menggelitik perut Ibu. Memang belum terasa seperti tendangan yang sesungguhnya, lebih terasa seperti ada kupu-kupu di dalam perut. Hal ini karena ukuran tubuhnya yang masih kecil.

Bila Ibu belum merasakan gelitikan lembut pada minggu ke-18 ini, jangan keburu khawatir. Gerakan bayi akan mulai terasa pada rentang usia kehamilan 17-21 minggu. Bersabar saja ya, Bu.