Kenali Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Perkembangan Janin di Usia 12 Minggu; Sudah Seberapa Besar Janin Ibu dalam Kandungan? Saat-saat yang mulai mendebarkan. Wajah si Kecil ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
07 Apr 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Perkembangan Janin di Usia 12 Minggu; Sudah Seberapa Besar Janin Ibu dalam Kandungan?

Saat-saat yang mulai mendebarkan. Wajah si Kecil semakin terlihat seperti manusia. Ukuran janin 12 minggu pun telah berkembang dengan panjang sekitar 6 cm dan berat 14 gram. Can’t wait to have you near, hunny! Pada minggu ke-12 ini, rambut dan kuku si Kecil sudah mulai tumbuh. Dalam mulutnya telah tumbuh 20 akar gigi halus yang nantinya akan menjadi gigi si Kecil. Pita suara telah terbentuk sempurna dan akan jadi bekalnya untuk menangis keras saat pertama keluar dari perut Ibu nanti.

Selain itu, dokter kandungan biasanya akan memeriksa denyut jantung si kecil untuk memastikan kesehatan dan perkembangannya. Ibu bisa ikut mendengarkannya lho!

Perubahan pada Tubuh Ibu di Usia Kehamilan 12 Minggu

Wah, perut Ibu akan mulai membuncit cantik lho! Saat usia kehamilan 12 minggu ini, rahim akan mulai keluar dari tulang pinggul dan mengisi ruang di atas kemaluan. Banyak Ibu merasa ini saatnya mulai tampil sebagai Ibu hamil yang sesungguhnya.

Berat badan Ibu juga akan mulai meningkat pada trimester 2 ini. Idealnya, kenaikan berat badan Ibu adalah sekitar 15 kg. Meskipun besar perut Ibu mulai terlihat pada kehamilan 12 minggu ini, jangan terlalu resah dengan penampilan. Ibu hamil yang sehat dan bahagia akan selalu terlihat cantik. Tubuh pun akan segera kembali ramping pasca persalinan.

Baca Juga: Melihat Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

Perawatan Kehamilan 12 Minggu

Bila kebetulan Ibu bekerja pada bidang atau lingkungan yang rawan bagi kesehatan kehamilan, seperti resiko dampak radiasi atau bahan kimia, segera konsultasikan masalah ini dengan atasan. Bila perlu, tanyakan juga pendapat dokter kandungan. Selama hamil, Ibu berhak bekerja di lingkungan yang lebih sehat dan aman.



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait