Mengenal Manfaat Susu Soya untuk Kesehatan Anak

Tahukah Ibu bahwa manfaat susu soya atau susu kedelai sudah dikenal sejak lama? Selain menjadi susu nabati pertama yang menyediakan nutr...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
25 Feb 2022
manfaat susu soya


Tahukah Ibu bahwa manfaat susu soya atau susu kedelai sudah dikenal sejak lama? Selain menjadi susu nabati pertama yang menyediakan nutrisi ketika suplai susu sapi tidak mencukupi, susu soya juga sering dijadikan alternatif untuk anak yang alergi atau tidak cocok dengan susu sapi. 

Kemudian untuk memperkaya kandungan dan kualitas gizinya, susu kedelai diformulasikan menjadi formula isolat protein kedelai atau formula soya khusus untuk anak-anak usia di atas 1 tahun. 

Tapi perlu diingat, Bu, bahwa formula soya berbeda dengan susu kedelai buatan rumah biasa. Sebab, formula soya sudah diperkaya dengan berbagai nutrisi penting, seperti serat pangan, zat besi, asam lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral.

Penasaran apa saja, sih, manfaat susu soya untuk anak? Yuk, simak bersama!

Manfaat Susu Soya untuk Anak

Alergi susu sapi dan intoleransi laktosa adalah dua contoh masalah kesehatan terkait saluran cerna yang umumnya dialami oleh anak kecil. Jika alergi sudah sering ibu dengar, bagaimana dengan intoleransi laktosa?

Intoleransi laktosa (lactose intolerance) juga sering dialami anak saat mengonsumsi susu sapi.  Hal ini terjadi karena tubuh anak kekurangan enzim laktase sehingga tidak bisa mencerna laktosa. Laktosa adalah gula pada susu, dan laktase adalah enzim untuk mencerna laktosa.

Sebagai cara menghindari kemunculan gejala dari dua kondisi ini, Ibu tentu harus menghindari memberikan anak susu sapi dan segala produk olahannya, seperti keju dan butter.

Jadi, wajar jika Ibu merasa khawatir jika kebutuhan nutrisi anak tidak terpenuhi karena ia tidak bisa minum susu sapi.

Nah, beragam kelebihan susu soya atau susu kedelai formula soya bisa menjadi solusi alternatif agar asupan nutrisi anak yang berusia di atas 1 tahun bisa tetap terjaga.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya tentang manfaat susu soya untuk anak 1 tahun ke atas.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Jika anak memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, kebutuhan gizi penting dari susu sapi bisa dipenuhi dari susu soya. 

Sebab formula soya merupakan susu nabati yang telah diperkaya oleh zat gizi untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Manfaat susu soya ini datang dari kandungan lemak dan protein nabati, serat pangan, kalsium, dan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin B kompleks, vitamin D, E, dan K, folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc Deretan nutrisi ini sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Kandungan protein juga diketahui paling banyak ditemukan dalam susu soya bila dibandingkan sumber protein nabati lainnya, Bu. Protein sendiri berfungsi dalam menunjang pertumbuhan tubuh anak dalam jangka panjang. 

Terlebih jika kedelai diproses menjadi formula soya. Formula soya ternyata bisa mengandung protein berkualitas tinggi yang setara dengan protein hewani dan asam amino esensial lengkap. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir soal manfaat susu kedelai untuk tumbuh kembang si Kecil.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Indonesia, anak yang mengonsumsi formula isolat kedelai menunjukkan ciri pertumbuhan yang sama dengan anak yang minum susu sapi. 

2. Melancarkan Pencernaan

Si Kecil pernah sembelit atau mengalami perut kembung setelah minum susu sapi, Bu? Gangguan pencernaan pada anak ini mungkin muncul karena anak Ibu tidak cocok minum susu sapi. 

Maka, ada baiknya Ibu berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab gangguan pencernaan ini. Apakah benar si Kecil tidak cocok minum susu sapi atau tidak. Nantinya dokter akan memberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Nah untuk melancarkan pencernaan secara umum, serat berperan penting, Bu. Kalau si Kecil berusia di atas 1 tahun, dan dianjurkan untuk minum formula isolat protein soya, pilih yang sudah terfortifikasi dengan nutrisi lengkap untuk mendukung tumbuh kembangnya, seperti Bebelac Gold Soya.

Susu Bebelac Gold Soya adalah formula isolat protein pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki keunggulan berupa tinggi serat Advansfibre Soy+ FOS Inulin untuk mendukung kesehatan saluran cerna si Kecil (happy tummy) dan formula Triple A (kombinasi AHA, DHA, dan ALA) yang lebih tinggi untuk bantu dukung daya pikir si Kecil (happy brain).

Dalam proses pembuatannya, Bebelac Gold Soya 3 juga dilengkapi dengan FOS Inulin yang dikenal dapat menjaga pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Kehadiran bakteri baik dapat menjaga sistem pencernaan si Kecil tetap sehat agar BAB-nya lancar dan terhindar dari masalah pencernaan lain, seperti perut kembung, sembelit, atau diare. Jika sistem pencernaan anak sehat, daya tahan tubuh si Kecil bisa terjaga dengan baik. Pasalnya, sekitar 70% sel pembentuk imunitas tubuh berada dalam perut.

Selain tinggi serat dan isolat protein soya, Bebelac Gold Soya juga memiliki kandungan nutrisi komplit, seperti omega 3, zat besi, zinc, taurin, DHA, dan fish oil untuk mendukung pertumbuhan optimal agar si Kecil yang punya alergi susu sapi juga bisa tumbuh jadi anak hebat! 

Sebab dengan dukungan nutrisi yang tepat untuk alerginya, anak akan semakin aktif dan bersemangat untuk bermain sambil belajar (happy heart). Tak perlu khawatir anak tidak akan suka rasanya ya Bu, sebab Bebelac Gold Soya tersedia dalam rasa vanila yang lezat dan pasti disukai si Kecil.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain protein, kelebihan lain dari susu soya juga berasal dari kandungan kalsiumnya. Seperti yang Ibu sudah ketahui, kalsium merupakan mineral penting yang berperan untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Penyerapan kalsium dari formula soya ternyata tidak jauh berbeda dengan susu sapi, lho, Bu. Dengan begitu, si Kecil bisa tetap mendapat kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulangnya.

Menurut sebuah studi yang dimuat pada jurnal Nutrients, kandungan kalsium di dalam susu soya lebih sedikit dibandingkan susu sapi. 

Tapi, kabar baiknya penyerapan kalsium dari susu soya ternyata tidak berbeda dengan susu sapi. Ini artinya, manfaat susu kedelai untuk menjaga kesehatan tulang sama baiknya dengan susu sapi bagi si Kecil. 

4. Mendukung Perkembangan Otak Anak 

Susu soya juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi, Bu. Kedua asam lemak ini diketahui dapat membantu perkembangan otak anak. Sangat menarik, bukan?

Menurut studi dalam jurnal Nutrients, asupan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan fungsi kesehatan otak dan suasana hati anak jadi lebih baik .

Nah, memberikan Bebelac Gold Soya kepada si Kecil bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi karena kandungan minyak ikan, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6 yang penting untuk mendukung sel-sel otak si Kecil.

5. Mencegah Anemia

Tahukah, Ibu? Kekurangan zat besi ternyata dapat mengganggu pertumbuhan si Kecil dan berdampak buruk bagi fungsi kognitifnya. 

Zat besi merupakan mineral penting yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah. Sel  darah merah bertugas mengangkut oksigen dan zat gizi ke seluruh tubuh. 

Tubuh kemudian akan menggunakan zat besi untuk menghasilkan lebih banyak asupan darah. Jika tubuh si Kecil kekurangan zat besi, maka ia berisiko mengalami anemia yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang si Kecil. Tentu Ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?  

Nah, memberikan susu Bebelac Gold Soya dapat menambah asupan zat besi pada si Kecil, Bu. Dengan asupan zat besi yang cukup ini, tumbuh kembang serta fungsi kognitif si Kecil bisa berjalan optimal.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Susu Soya yang Perlu Ibu Ketahui

Dengan asupan nutrisi yang tepat dan lengkap, tentu Ibu bisa membantu si Kecil untuk memiliki saluran cerna yang hebat (happy tummy), daya pikir yang kuat (happy brain), dan tumbuh kembang yang sesuai. 

Setelah tahu apa manfaat susu kedelai atau formula soya untuk anak, yuk lengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil agar ia bisa tumbuh hebat! Namun, pastikan Ibu tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.


Referensi tambahan:

  1. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/soy-milk-and-soy-baby-formula-2633746. Diakses pada 19 Agustus 2022.
     
  2. What to Expect. https://www.whattoexpect.com/toddler-nutrition/soy-milk-for-children.aspx/. Diakses pada 19 Agustus 2022.
     
  3. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids#benefits-for-kids/. Diakses pada 19 Agustus 2022. 
     
  4. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/nutrition/why-iron-is-important/. Diakses pada 19 Agustus 2022. 
     
  5. Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4113767/. Diakses pada 19 Agustus 2022. 
     
  6. Nutrients. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5188409/. Diakses pada 19 Agustus 2022.
     


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait