5 Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah

Tahun ajaran baru sudah mulai. Ibu pasti sudah mempersiapkan kebutuhan sekolah si Kecil supaya si Kecil semangat ke sekolah. Namun, tanp...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

not yet estimated
25 Apr 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
mengatasi anak malas sekolah


Tahun ajaran baru sudah mulai. Ibu pasti sudah mempersiapkan kebutuhan sekolah si Kecil supaya si Kecil semangat ke sekolah. Namun, tanpa diduga, tiba-tiba si Kecil mogok, tidak mau sekolah.  Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang malas sekolah? Berikut tipsnya.

Cara Mengatasi Anak yang Malas Sekolah

1. Dengarkan Perasaan Si Kecil

Sebaiknya tidak perlu memarahi si Kecil saat dia mogok sekolah, lebih baik ajak si Kecil bicara dari hati ke hati. Mungkin si Kecil punya alasan tertentu.

Jika alasan si Kecil karena merasa tubuhnya kurang sehat, Ibu bisa memahaminya. Namun Ibu bisa menggali lebih dalam, apa yang sebenarnya dia rasakan saat bersekolah. Apakah si Kecil ketinggalan pelajaran tetapi tidak tahu bagaimana mengatasinya atau ada masalah dengan teman-teman sekolahnya. Dengan mendengarkan perasaan si Kecil, hal itu bisa jadi cara mengatasi anak yang malas sekolah.

2. Bicarakan dengan Pihak Sekolah

Jika penyebab si Kecil mogok sekolah karena faktor lingkungan sekolah dan pertemanan, Ibu bisa bicarakan dengan pihak sekolah mengenai apa saja yang terjadi di dalam kelas dan bagaimana pola pertemanan antara si Kecil dengan teman-temannya. Misalnya, takut pada temannya yang pengganggu, merasa tidak diperhatikan oleh guru, merasa tidak mampu menangkap apa saja yang diberikan oleh gurunya atau  lama-kelamaan si Kecil merasa tidak ada yang menarik di sekolah sehingga membuat si Kecil merasa bosan dan malas ke sekolah. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi anak tidak mau sekolah.

3. Latih Keterampilan Sosial Sederhana

Ibu bisa mengajarkan kepada si Kecil bagaimana menyatakan keinginannya di sekolah kepada teman atau guru. Baik menyatakan keinginan untuk bermain bersama teman atau aktif di kelas, atau menyatakan sesuatu yang tidak diinginkannya atau yang tidak menyenangkan. Selalu ingatkan si Kecil bahwa jika ada yang menggangunya, ia bisa melaporkan kejadian itu kepada gurunya.

4. Periksa Fisik Anak

Jika ada keluhan fisik pada anak, sebaiknya Ibu memeriksanya terlebih dahulu, misalnya, anak mengeluh sakit perut atau merasakan tidak enak badan. Jika ada keluhan fisik, sebaiknya Ibu bisa membawa anak ke dokter.

5. Cobalah Mencari Tahu tentang Kehidupan Anak di Sekolah

Salah satu cara mengatasi anak tidak mau sekolah adalah dengan mencoba mencari tahu tentang kehidupan anak di sekolah. Artinya, Ibu bisa menjalin hubungan baik dengan temannya di sekolah atau mencari tahu perkembangan anak di sekolah dengan guru atau wali kelasnya.

Itulah tiga cara mengatasi anak tidak mau sekolah. Dari penjelasan di atas, sebaiknya Ibu memahami terlebih dahulu penyebab anak malas sekolah.

|||/Articles/Articles/Balita (1-5 years old)/Perkembangan Anak/8-cara-mengendalikan-emosi-pada-anak


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait