16 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman dan Ampuh

Menyusui si Kecil tentu sangat menguras tenaga Anda. Dalam jangka panjang, wajar bila daya tahan Anda menurun karena kelelahan. Anda pun...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
12 Apr 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Menyusui si Kecil tentu sangat menguras tenaga Anda. Dalam jangka panjang, wajar bila daya tahan Anda menurun karena kelelahan. Anda pun jadi lebih mudah tertular penyakit, salah satunya flu dan batuk. Tak jarang, Ibu menyusui sakit flu.

Sebagai Ibu menyusui, Anda tentu tidak disarankan sembarang mengonsumsi obat. Lalu apakah sebaiknya obat flu yang dianjurkan untuk Ibu menyusui? Bahan-bahan alami jadi salah satu jawabannya.

Flu saat Menyusui

Dalam kondisi cuaca tak menentu, tubuh rentan terkena penyakit, salah satunya adalah flu dan batuk. Namun, jika Anda flu saat menyusui, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat sembarangan karena bisa saja kandungannya memengaruhi kualitas ASI yang menjadi asupan si Kecil.

Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Alami dan Ampuh

Apa obat flu untuk Ibu menyusui yang tepat dan aman? Berikut 7 bahan-bahan herbal bisa Anda jadikan sahabat untuk mengatasi flu atau batuk saat menyusui:

1. Minuman Hangat sebagai Obat Pilek untuk Ibu Menyusui

Untuk mengurangi flu dan batuk namun tetap mempertahankan produksi ASI dan kesehatan si Kecil, cobalah untuk minum minuman hangat. Sekadar minum air putih hangat, kaldu ayam, dan susu hangat cukup baik bagi ibu menyusui yang membutuhkan asupan cairan lebih banyak. Uap panas dari minuman hangat bisa membantu melegakan hidung tersumbat dan meringankan tenggorokan yang gatal.

2. Jahe sebagai Obat Flu Ibu Menyusui

Obat flu yang aman untuk Ibu menyusui adalah jahe. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), gingerol, mineral, serta antioksidan alami yang dapat mengurangi keluhan demam atau flu. Selain itu, asam amino dan mineral dalam wedang jahe juga bisa membuat aliran darah lebih lancar saat Ibu menyusui sakit flu.

3. Teh untuk Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Teh hijau atau teh hitam kaya dengan antioksidan theanine, flavonoid, dan katekin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh melawan flu.

4. Yoghurt sebagai Obat Pilek Alami Ibu Menyusui

Sebagai hasil hasil fermentasi susu, yoghurt kaya probiotik yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Bawang putih sebagai Obat Pilek untuk Ibu Menyusui dengan Kandungan Alami

Meski memiliki aroma yang tajam, bawang putih bisa jadi sahabat Ibu menyusui sakit flu dan batuk. Caranya cuci bersih bawang putih lalu konsumsi mentah. Konsumsi 1-3 siung bawang putih mentah setidaknya dua kali sehari. Jika Anda kurang suka dengan aroma tajam bawang putih mentah, Anda dapat merebusnya sebentar.

6. Vitamin C sebagai Obat Pilek dan Batuk untuk Ibu Menyusui

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar selama menyusui, terutama yang kaya kandungan vitamin C. Hal ini bisa membantu Anda segera pulih dari flu maupun batuk.

7. Madu sebagai Obat Pilek Ibu Menyusui

Obat flu yang aman untuk Ibu menyusui adalah madu. Ketika Anda menyusui dan menderita flu, usahakan mengkonsumsi madu setiap pagi. Madu dapat menjadi obat batuk pilek Ibu menyusui.

8. Sirop Thymi sebagai Obat Flu untuk Ibu Menyusui

Bagi ibu menyusui, bayi serta anak kecil, Sirop Thymi bisa menjadi obat flu yang aman untuk ibu menyusui karena tidak memiliki efek samping, enak rasanya dan sangat aman. Sirop Thymi bisa dibeli di apotik secara bebas, tetapi jika ingin membuat sendiri di rumah, caranya haluskan segenggam daun thyme dan campurkan dengan 1 ½ gelas air panas dan aduk selama 15 menit. Tambahkan 1 sendok perasan lemon atau madu. Minumlah 2-3 kali sehari terutama sebelum tidur.

9. Sirop Jeruk Nipis/Lemon dan Madu

Obat flu yang aman untuk ibu menyusui bisa dibuat sendiri dan kerapkali efektif untuk menguraikan dahak adalah sirop dari perasan 1 butir jeruk nipis atau lemon dicampur 2 sdt madu dalam 1 cangkir air panas dan diminum 3-4 kali sehari.

Pastikan bahwa Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan bahan herbal.

10. Bawang Putih sebagai Obat Flu Alami Ibu Menyusui

Salah satu bumbu masak yang selalu ada di dapur adalah bawang putih. Bawang putih ternyata bisa juga dijadikan obat flu alamai untuk ibu menyusui. Anda bisa konsumsi 1 butir bawang putih. Namun, pastikan tidak berlebihan dan jika terjadi kontraksi pada lambung, segera hubungi dokter.

11. Madu sebagai Obat Pilek Alami Ibu Menyusui

Banyak dikenal sebagai obat berbagai macam penyakit, madu dikenal ampuh untuk mengobati flu pada ibu menyusui. Konsumsilah 1-2 sendok madu setiap hari. Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis dengan madu.

12. Yoghurt sebagai Obat Flu Alami untuk Ibu Menyusui

Yogurt mengandung probiotik yang baik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Yogurt juga dapat membantu melancarkan ASI.

Obat Pilek Ibu Menyusui yang Aman dan Ampuh

13. Paracetamol

Obat flu yang aman bagi Ibu menyusui adalah paracetamol. Obat pilek ini pasalnya tidak memengaruhi produksi ASI. Obat pracetamol bekerja untuk meminimalisir zat prostalandin atau zat penyebab peradangan.

14. Dekongestan

Obat flu ini aman dan ampuh untuk Ibu hamil karena dapat melegakan hidung tersumbat. Dekongestan mengandung pseudoephedrine atau phenylepheridine. Bagi Ibu menyusui, lebih direkomendasikan obat dekongestan tetes.

15. Antihistamin

Jika penyebab flu adalah alergi, Ibu bisa mengonsumsi obat dengan kandungan antihistamin.Namun, obat ini memiliki efek samping membuat kantuk setelah dikonsumsi.

16. Ibuprofen

Obat ampuh ini dapat masuk ke dalam ASI, namun Ibu tak perlu khawatir karena obat Ibuprofen untuk Ibu menyusui tidak berbahaya. Ibuprofen tidak memberikan efek samping pada Ibu menyusui mapun bayi. Meskipun demikian, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter agar lebih aman.

Cara Mencegah Flu untuk Ibu Menyusui

 

Meski banyak cara menyembuhkan flu dan batuk secara alami, bagaimanapun mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Flu biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan dan gejalanya muncul karena daya tahan tubuh menurun. Dalam kondisi normal, Anda akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Lakukan 5 hal berikut untuk membantu mencegah Anda terkena pilek dan batuk agar tetap bisa menyusui dengan nyaman:

  1. Cukup beristirahat dengan tidur, waktu tidur ideal adalah 7 - 8 jam per hari.
  2. Banyak minum air putih, yaitu sekitar 2-2,5 liter setiap hari.
  3. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Menyusui memang melelahkan. Buat kondisi tubuh nyaman dengan mandi air hangat sebelum tidur. Anda juga bisa menggunakan aromaterapi lavender untuk membantu tidur Anda.

|||/Articles/Articles/Kehamilan/Kesehatan Ibu/10-penyebab-perut-terasa-kencang-saat-hamil-dan-solusinya



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait