Mitos Ibu Menyusui: Benar Atau Salah?

ASI adalah nutrisi terbaik dan terlengkap untuk bayi, karena mengandung lemak, karbohidrat, protein, dan air dalam jumlah tepat untuk pencernaan, perkembangan otak, dan pertumbuhan bayi. Maka, Ibu dianjurkan untuk menyusui secara eksklusif selama 6 bulan lalu dilanjutkan makanan pendamping ASI (MPASI), dan idealnya dilanjutkan hingga 2 tahun pertama kehidupan.

Saat Ibu mulai menyusui, seringkali bemunculan mitos-mitos tentang ASI atau menyusui dari keluarga, tetangga, atau teman-teman. Hal ini tak jarang membuat ibu jadi susah relaks, terlebih untuk yang baru pertama kali menyusui. Lantas, seberapa dekat berbagai mitos tentang menyusui itu dengan fakta? Yuk kita lihat sama-sama!

Mitos: Ibu menyusui tidak boleh minum kopi karena bayinya akan ikut minum kafein

Fakta: Kalau Ibu memang masih ingin minum kopi, batasi minum kopi sebanyak 2 atau 3 cangkir  saja ya! Sebab, kafein yang masuk dari kopi yang Ibu minum memang akan masuk ke ASI, namun jumlahnya tidak sampai 1% kok!. Kafein bisa mulai menumpuk dalam saluran cerna bayi kalau Ibu minum lebih dari 5 cangkir kopi tiap harinya. Untuk lebih yakin, konsultasikan dengan dokter ya Bu!

Mitos: Memakan makanan pedas ketika menyusui bikin ASI ikut pedas

Fakta: Makanan yang Ibu konsumsi akan berpengaruh ke rasa ASI, termasuk makanan pedas. Memang benar, ASI akan ikut pedas kalau Ibu makan makanan pedas2, namun jumlahnya masih sebatas yang bisa ditoleransi oleh bayi. Konsultasikan ke dokter untuk tahu seberapa banyak Ibu boleh makan makanan pedas. Yang perlu diingat, kalau  bayi Ibu kembung, kolik, atau diare setelah Ibu mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya berhenti dulu ya Bu!

Mitos: Ibu minum es, bayinya nanti pilek

Fakta: Faktanya, hingga kini masih belum ada penelitian yang menunjukkan kalau bayi yang sedang ASI bisa pilek karena ibunya minum es. Pastikan saja kalau air yang diminum Ibu, es atau bukan, adalah air yang bersih dan aman untuk diminum.

Mitos: Makan durian? Nanti-nanti saja ya!

Fakta: Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan kaitan antara durian dengan kualitas ASI. Namun, ada baiknya Ibu membatasi makan durian, sebab makan durian bisa membuat perut begah dan tidak nyaman, walaupun gasnya tidak akan masuk ke ASI. Untuk info lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter ya!

Mitos: Ibu menyusui tidak boleh makan mi instan

Fakta: Makan mi instan masih boleh kok Bu , namun hanya sesekali saja dan jangan dianggap sebagai makanan pokok ya! Ibu menyusui tidak dianjurkan untuk makan mi instan lebih dari 2-3 bungkus per minggunya.

Mitos: Ibu menyusui masih boleh kok puasa!

Fakta: Memang benar kalau ibu menyusui boleh puasa, namun syarat dan ketentuan berlaku ya Bu! Ibu menyusui perlu cukup energi, hidrasi yang baik, dan kalori tinggi agar bisa menyusui si Kecil dengan baik. Kalau Ibu ingin puasa, sebaiknya tunggu si Kecil berusia 6 bulan ke atas karena dia sudah mendapat asupan tambahan selain ASI. Jangan lupa konsultasikan ke dokter dulu ya Bu!

Ibu menyusui dengan pola makan yang tepat dengan gizi seimbang akan menghasilkan ASI terbaik untuk si Kecil hingga dia tumbuh jadi anak hebat. Bu, temukan lebih banyak info mengenai ASI dan berbagai informasi edukatif menarik dalam fitur baru BebeJourney dari Bebeclub disini!