puding-buah-naga

Nutrisi Puding Buah Naga yang Lezat untuk MPASI Bayi

detail-fb detail-wa detail-twitter

Manis, segar, dan mengandung banyak air. Sulit rasanya menolak kelezatan buah naga, ya, Bu. Asyiknya lagi, Ibu bisa lho membuat puding buah naga untuk makanan pendamping ASI (MPASI) si Kecil. Buah ini akan menambah variasi menu, sehingga si Kecil yang sedang belajar makan jadi makin semangat menyantap hidangan yang Ibu suguhkan. Namun sebelumnya kita telusuri kandungan dari buah berwarna merah dan putih ini, yuk!

Puding Buah Naga: Ketahui Kandungan Nutrisi Bahan Utamanya

Bisa diolah menjadi puding, buah naga telah menjadi primadona di kalangan peneliti sejak beberapa tahun terakhir karena menyimpan berbagai kandungan yang menyehatkan tubuh1, seperti betalains dan squalene yang memiliki fungsi antioksidan dan anti peradangan. Bahkan, kandungan antioksidannya relatif lebih tinggi daripada buah lainnya, seperti srikaya. Selain itu, di dalamnya juga terkandung likopen dan beta karoten yang baik untuk tubuh2.

Buah naga juga kaya akan vitamin dan mineral penting, lho, Bu. Misalnya zat besi, yang penting untuk produksi sel darah merah. Buah naga juga mengandung vitamin C tinggi yang tidak hanya membantu meningkatkan imunitas tubuh, tetapi juga membantu penyerapan zat besi3.

Selain itu, buah naga juga dikenal sebagai buah yang kaya akan serat, Bu. Secangkir buah naga kira-kira mengandung 7 gram serat3 yang baik untuk pencernaan si Kecil.

Istimewanya lagi, Bu, menurut studi, buah naga mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang akan mendukung pencernaan si Kecil3. Ibu dapat mengombinasikan buah naga merah maupun putih untuk membuat puding buah naga agar warnanya semakin menarik.

4 Ide Puding Buah Naga yang Bisa Ibu Buat

Wah, banyak sekali ya Bu manfaat buah naga untuk kebaikan si Kecil. Kini pastinya Ibu makin semangat, ya, membuat puding buah naga untuk MPASI. Ada banyak kreasi puding yang menarik dan lezat yang bisa Ibu buat sendiri di rumah, misalnya saja 5 ide menu di bawah ini. Yuk kita simak bersama.

Puding buah naga vla susu

Puding vla susu ini sangat mudah dan praktis dibuat. Hanya membutuhkan waktu singkat dan bahan yang relatif sedikit, Ibu bisa menyajikan puding manis berwarna segar yang pasti disukai si Kecil. Agar lebih sedap, masukkan puding beserta vla-nya ke dalam kulkas sebelum disantap ya, Bu.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih MPASI untuk Anak

Puding yoghurt buah naga

        

Membuat puding dengan yoghurt, kenapa tidak? Paduan rasa manis dan sedikit kecut akan menghasilkan sensasi segar di lidah si Kecil. Cara membuatnya cukup mudah. Masak agar-agar, potongan buah naga, yoghurt rasa tawar serta susu beserta air. Setelah mendidih, tuang dalam cetakan dan dinginkan sebelum disajikan. Rasanya? Pasti enak! Puding yogurt buah naga terinspirasi dari resep puding yoghurt, hanya saja stroberi dalam resep diganti dengan buah naga. Selamat mencoba!

Puding tahu sutra saus buah naga

Tahu sutera untuk puding? Terdengar aneh, ya, Bu. Tapi jangan salah, puding ini memiliki tampilan dan sama lezatnya dengan panna cotta khas Italia. Terinspirasi dari resep puding tahu sutera saus stroberi, rebus tahu sutera, air, jeli bubuk, susu dan agar-agar sampai mendidih. Sebelum menuangkan dalam gelas puding, Ibu bisa menambah sedikit esens vanila. Lalu, Ibu bisa menaruh potongan buah naga di atasnya. Untuk membuat sausnya, masaklah daging buah buah naga cincang bersama parutan kulit jeruk lemon (lemon zest) di atas api kecil. Setelah mengental dan dingin, siram saum di atas puding. Wah, pasti lezat ya!

Baca Juga: Resep Cokelat Krispi untuk MPASI

Puding custard buah naga

Si Kecil dijamin akan sulit menolak kelezatan puding yang satu ini. Teksturnya yang lembut, pasti disukai si Kecil. Kreasi puding ini terinspirasi dari resep puding custard cocktail. Sebagai variasi, Ibu bisa menyajikan buah cocktail dengan tambahan potongan buah naga. Voila! Puding custard lezat siap disajikan. Agar warnanya lebih bervariasi, Ibu bisa lho, mengombinasikan buah naga merah dan putih.

Ada banyak sekali, kan ,variasi puding buah naga yang bisa Ibu sajikan untuk si Kecil. Nah, agar si Kecil lebih nafsu untuk menyantapnya, tentu Ibu juga bisa menyajikan dengan potongan buah lain, seperti apel dan pir. Jangan heran jika ia makin semangat makan ya, Bu!


Referensi

Monica Joshi, Bala Prabhakar. 2020. Phytoconstituents and pharmaco-therapeutic benefits of pitaya: A wonder fruit. Diambil dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32378233/ [Diakses 19 Juli 2021]

Luu T.T.H., Le T.L., Huynh N., Quintela-Alonso P. 2021. Dragon fruit: A review of health benefits and nutrients and its sustainable development under climate changes in Vietnam. Czech J. Food Sci., 39: 71–94. Diambil dari https://doi.org/10.17221/139/2020-CJFS [Diakses 19 Juli 2021]

Cleveland Clinic. 2020. All About Dragon Fruit: 3 Health Benefits + How to Eat It. Diambil dari https://health.clevelandclinic.org/get-to-know-the-incredible-edible-dragon-fruit/ [Diakses 19 Juli 2021]

Tag