17 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas dan Melancarkan ASI

detail-fb detail-wa detail-twitter

Makanan Ibu = ASI

Percaya atau tidak, tapi makanan yang Ibu konsumsi akan berpengaruh pada kualitas ASI. Bahkan, sejumlah makanan/ minuman tertentu dengan citarasa kuat, bisa jadi akan melekat juga pada ASI yang produksi. Oleh karena itu, biasakan untuk menerapkan pola makan sehat selama menyusui ya, Bu.

Selama menyusui, sebaiknya Ibu hindari konsumsi makanan/ minuman yang berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya makanan/ minuman yang mengandung kafein. Zat ini sangat mungkin terserap juga oleh bayi Ibu melalui ASI dan dapat berdampak buruk pada pola tidur bayi.

Minum Cukup Air

Saat menyusui, sangat disarankan Ibu mengkonsumsi lebih banyak cairan dibanding saat normal. Sekitar 10 gelas sehari diperkirakan akan cukup memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh Ibu dan bagi produksi ASI.

Jenis cairan terbaik yang wajib dikonsumsi Ibu menyusui adalah air putih. Namun, Ibu juga dapat menambahkan asupan cairan berupa susu atau jus buah segar yang juga mengandung nutrisi bagi ASI.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Banyak mitos yang sering kita dengar seputar pantangan makanan saat menyusui. Mulai dari mengurangi makanan berbumbu pedas, bercitarasa kuat, atau asam. Sebagian bahkan menyarankan untuk makan yang serba bening dan tawar.

Sebenarnya, setiap Ibu menyusui akan memiliki pantangan makanan yang berbeda. Ibu dan bayi Ibu yang akan lebih mengetahuinya. Coba saja Ibu amati bagaimana reaksi si kecil saat Ibu mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Jika si kecil baik-baik saja (tidak alergi, diare, dsb), artinya Ibu bebas mengkonsumsi kembali jenis makanan tersebut.

Namun, secara umum memang terdapat beberapa jenis makanan yang mungkin berpengaruh kurang baik pada bayi Ibu, yaitu antara lain:

  • Bumbu pedas yang mungkin mengakibatkan perut kembung atau masalah pencernaan pada Ibu dan bayi.
  • Kafein yang dapat menyebabkan Ibu dan bayi sulit tidur. Waspadai juga kafein yang terkandung pada teh, soft drink, dan coklat.
  • Minuman beralkohol

Makanan yang Meningkatkan Produksi ASI

1. Sayuran hijau

2. Gandum

3. Bawang Putih

4. Kacang-kacangan

5. Biji-bijian

6. Menyusui Bayi Lebih Lama

7. Konsumsi sayur

Ada beberapa aktivitas Ibu yang mempengaruhi kualitas ASI. Berikut beberapa di antaranya.

8. Menyusui dengan Dua Payudara

9. Mengurangi Stres

10. Memijat Payudara

11. Konsumsi Biji Fenugreek

12. Konsumsi Ikan Salmon

13. Konsumsi Susu Kedelai

14. Makan Daging Sapi Tanpa Lemak

15. Konsumsi Daun Katuk

16. Makan kacang-kacangan

17. Konsumsi Telur

Tag
ASI