cara-mengatasi-bayi-cegukan

4 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi dengan Mudah

detail-fb detail-wa detail-twitter

“Hikkk.. Hikkk..”

Siapakah Ibu di sini yang merasa khawatir jika si Kecil mengalami cegukan? Tenang ya Bu, karena cegukan pada bayi adalah hal yang sangat wajar terjadi. Cara mengatasi bayi cegukan pun bisa dilakukan di rumah. Faktanya, bahkan bayi yang baru lahir bisa menghabiskan sekitar 30 menit per hari untuk cegukan. Namun, Ibu tidak perlu khawatir karena cegukan pada bayi akan berkurang seiring bertambahnya usia1.

Meski cegukan dapat berhenti sendiri, ada beberapa cara yang bisa Ibu lakukan di rumah agar cegukan pada bayi segera reda dan si Kecil nyaman kembali. Berikut adalah cara mengatasi cegukan pada bayi dengan tindakan yang lebih tepat. Kita simak, yuk, Bu!

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma. Kontraksi ini mengakibatkan timbulnya isapan udara yang mendadak masuk ke dalam paru-paru melewati ruang antara pita suara, sehingga menyebabkan terjadinya suara hik yang khas2

Baca Juga: 5 Mitos Menghilangkan Cegukan pada Bayi

Cegukan pada bayi biasanya disebabkan beberapa hal seperti makan terlalu cepat, minum air terlalu dingin, makan makanan yang agak panas, tertawa atau batuk terlalu keras2. Nah, bila si Kecil mengalami hal ini, berikut adalah 4 cara untuk menghentikan cegukan yang bisa Ibu lakukan di rumah.

1. Sendawakan bayi

Menurut American Academy Pediatrics, cara terbaik untuk membuat bayi berhenti cegukan adalah dengan menyendawakan si Kecil setiap selesai menyusu3. Bersendawa dapat mengurangi kadar udara di dalam perut. 

Ibu juga bisa membuat bayi bersendawa dulu saat bayi akan beralih menyusu dari satu payudara ke payudara lainnya. Cara menyendawakan bayi adalah letakkan bayi dengan posisi tegak pada bahu atau pangkuan Ibu, kemudian tepuk-tepuk ringan punggung bayi3.

2. Tidur Berbaring Dengan Lutut Ditekuk

Saat bayi mengalami cegukan, Ibu bisa membaringkan si Kecil lalu tekuk lutut ke bagian dada. Ulangi gerakan beberapa kali hingga si Kecil relaks dan cegukan berhenti2.

3. Memberikan empeng bayi

Bila memungkinkan, Ibu bisa memberikan si Kecil empeng bayi. Tahukan ibu jika mengisap empeng akan membuat diafragma lebih rileks dan mengendur, serta membantu menghentikan cegukan4.

4. Membiarkan cegukan berhenti sendiri

Bila biasanya cegukan pada bayi hanya berlangsung 5—10 menit, tidak apa-apa untuk membiarkan cegukan bayi berhenti sendiri. Biasanya pada cegukan normal, bayi tidak akan terganggu oleh cegukan mereka sendiri. Bahkan, mereka bisa makan dan tidur sambil cegukan2.

Namun, yang perlu diwaspadai adalah bila bayi terlihat kesakitan dan cegukan tidak kunjung berhenti selama berjam-jam, maka Ibu bisa meminta bantuan dokter agar si Kecil nyaman kembali2.

Baca Juga: Cegukan saat Tidur? Waspada Jika Hal Ini Muncul

Cara Mencegah Terjadinya Cegukan

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut adalah cara mencegah terjadinya cegukan2:

  1. Jangan memberikan makan atau minum terlalu cepat.
  2. Berikan 1—2 sendok teh air putih kepada si Kecil setelah ia minum susu.
  3. Jangan mengajak bayi bercanda sesaat setelah minum susu. Berikanlah waktu istirahat sekitar setengah jam setelah minum susu.
  4. Pastikan pelekatan saat menyusu sempurna ya, Bu. Usahakan jangan terlalu banyak isapan udara yang masuk saat minum susu.
  5. Sendawakan si Kecil setelah minum susu.

Ternyata, cara mengatasi bayi cegukan bisa kita lakukan sendiri ya, Bu. Pastikan Ibu tetap tenang dan tidak panik.

Bila Ibu membutuhkan informasi seputar tumbuh kembang anak lainnya, Ibu bisa mengaksesnya di Bebeclub.