Berat Badan Ideal Bayi Sehat dan Tahap Perkembangannya

detail-fb detail-wa detail-twitter

Berat badan pada bayi sehat, berapa ya idealnya?

Ukuran berat badan bayi dan ciri-ciri yang berbeda. Rata-rata berat badan bayi yang baru dilahirkan berkisar antara 2.5 - 4.5Kg.

Ukuran dan berat badan bayi Ibu dapat ditentukan berdasarkan keturunan dari orangtua, kesehatan Ibu, dan nutrisi yang Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Namun, berat badan bayi pertama kali ia dilahirkan bukanlah hal yang paling penting dalam kelahiran dan pertumbuhannya, yang terpenting adalah berapa berat badan yang dapat dicapai setelah ia dilahirkan.

Baca Juga: 12 Obat Pilek Bayi dan Anak yang Alami

Memantau perkembangan berat badan ideal bayi

Biasanya, perkembangan bayi Ibu akan tercatat dalam grafik personal dari DSA (Dokter Spesialis Anak) dimana Ibu memeriksakan kesehatannya. Grafik inilah yang dapat dijadikan pantauan apakah bayi Ibu mengalami pertumbuhan yang normal atau tidak. Menjelang bulan ke empat, kebanyakan bayi biasanya mencapai berat badan dua kali lipat berat badan ketika dilahirkan.

Grafik berat badan bayi dan tabel ukuran berat badan bayi normal

Berikut ini adalah tabel pertambahan berat badan bayi normal sesuai usia.

Usia Pertambahan Berat Badan Bayi
1 bulan 800 gram
2 bulan 900 gram
3 bulan 800 gram
4 bulan 600 gram
5 bulan 500 gram
6 bulan 400 gram
7-17 bulan 300 gram
18-24 bulan 200 gram

Baca Jugal: Fungsi FOS GOS untuk Pencernaan Anak

Pastikan Ibu selalu rutin memeriksakan perkembangan kesehatan bayi dan ukuran berat badan bayi Ibu sehingga perubahan-perubahan yang terjadi dapat diawasi secara tepat dan DSA yang Ibu percaya dapat menjawab segala pertanyaan Ibu yang berhubungan dengan perkembangan bayi.