Mpasi Anak 6 Bulan

Alergi Makanan pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

detail-fb detail-wa detail-twitter

Mungkinkah bayi memiliki alergi makanan? Tidak tertutup kemungkinan bahwa bayi Ibu memiliki  alergi dengan makanan tertentu, meskipun terkadang dugaan alergi makanan belum tentu terjadi pada bayi Ibu.  Alergi makanan terjadi karena ada suatu reaksi kekebalan tubuh yang menyimpang dan akibatnya langsung ditunjukkan oleh tubuh.  Misalnya, pada anak yang alergi seafood, ketika ia mengonsumsi udang, maka protein udang yang masuk, akan dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga menyerang organ tubuh seperti kulit yang menjadi gatal, hingga sesak nafas.

Penyebab Alergi pada Bayi

Alergi bayi disebabkan sistem imun bereaksi terhadap zat berbahaya sehingga menimbulkan reaksi alergi. Namun, ada beberapa faktor penyabab alergi lainnya:

1. Tidak Minum ASI

Risiko alergi makanan pada bayi bisa meningkat jika tidak diberikan ASI rutin. Sebaiknya berikan makanan padat atau susu formula setelah bayi berusia 3 hingga 4 bulan.

2. Genetik

Penyebab alergi pada bayi selanjutnya adalah faktor genetik. Artinya, bayi memiliki risiko alergi jika salah satu atau kedua orangtuanya memiliki alergi.

Baca Juga: Ini Dia Tanda-tanda Bayi Alergi

3. Gangguan Kesehatan

Salah satu penyebab alergi yang dialami bayi adalah adanya gangguan kesehatan tertentu. Misalnya, eksim. Hal ini disebabkan asma pada anak.

Ciri Bayi Alergi Makanan

Ada beberapa gejala alergi pada bayi, di antaranya:

  1. Muntah
  2. Diare
  3. Kulit gatal
  4. Batuk
  5. Kulit ruam
  6. Sulit bernapas

Baca Juga: Cara Menjaga Pola Makan untuk Anak Alergi

Cara Mengatasi Alergi pada Bayi

  1. Berikut ini beberapa cara mengatasi dan menangani alergi pada bayi
  2. Menghindari bayi dari pemicu alergi
  3. Memberikan makanan bergizi
  4. Menjaga kebersihan rumah
  5. Memberikan obat alergi untuk bayi yang dianjurkan dokter