kecerdasan-motorik-anak

Perkembangan Anak 14 Bulan: Ini 5 Kecerdasan Motoriknya

detail-fb detail-wa detail-twitter

Tak terasa si Kecil masuk usia 14 bulan ya, Bu. Rasanya, hampir setiap hari Ibu melihat ada begitu banyak kemampuan baru yang ia kuasai. Nah, salah satu yang paling mudah diamati dari perkembangan anak 14 bulan adalah bisa berdiri sendiri tanpa bantuan1.

Ibu penasaran dengan kecerdasan motorik lain dari perkembangan anak 14 bulan yang mudah diamati? Yuk, kita simak bersama di bawah ini. Tapi, penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua anak memiliki perkembangan yang sama. Setidaknya ada 10 persen anak membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai perkembangan tertentu1. Jadi, tak perlu jadi terlalu resah ya, Bu jika ini terjadi.

Perkembangan Anak 14 Bulan Bisa Berdiri Tanpa Dibantu

Saat masih berusia 12 bulan, si Kecil mulai belajar berdiri dengan berpegangan pada sesuatu, entah itu dinding, lemari, atau uluran tangan Ibu dan Ayah2. Nah, menginjak 14 bulan, biasanya si Kecil mulai mampu berdiri sendiri tanpa dibantu atau berpegangan pada sesuatu.

Meski begitu, bukan tak mungkin masih ada beberapa anak yang masih takut dan menginginkan bantuan dari Ibu ketika ia ingin berdiri. Tak apa-apa, kok. Ulurkan saja tangan Ibu untuk membantunya berdiri, atau arahkan si Kecil untuk berpegangan pada dinding.  Biarkan ia pelan-pelan membangun keberanian dan rasa percaya dirinya untuk bisa berdiri sendiri.

Berjalan Tanpa Bantuan

Biasanya si Kecil mulai berjalan dengan lancar di usia 12 bulan, meski masih berpegangan satu tangan kepada Ibu.2 Nah, pada perkembangan anak 14 bulan, atau sampai ia berumur 15 bulan, umumnya si Kecil sudah bisa berjalan lancar tanpa bantuan3.

Pada usia ini bahkan sudah ada yang belajar berjalan mundur. Namun, tentu saja ini perlu pengawasan ekstra dari Ibu. Selalu perhatikan si Kecil ketika ia mulai berjalan mundur. Jangan sampai ia terjatuh karena menginjak benda di belakangnya ya, Bu.  

Perkembangan Anak 14 Bulan Belajar Berlari

Sejak usia 12 bulan, si Kecil mulai menunjukkan perkembangan pesat pada kecerdasan motorik kasarnya. Setelah merangkak, tiba-tiba saja ia belajar berjalan. Tanpa Ibu sadari, setelah lancar berjalan sendiri, dia akan mulai belajar berlari3.

Di masa perkembangan anak 14 bulan ini, pastikan Ibu menyediakan lingkungan yang aman untuk si Kecil bergerak, ya. Perhatikan area lantai agar selalu bersih dan bebas dari benda-benda kecil yang mungkin bisa terinjak si Kecil dan membuatnya terpeleset.

Naik Tangga

Di usia 14 bulan, si Kecil mulai mencoba menaiki tangga sambil berpegangan pada dinding atau pegangan tangga3. Ini jadi saat yang paling penting bagi Ibu untuk selalu mengawasinya. Anak tangga mungkin masih terlihat sangat tinggi baginya, tapi keingintahuan untuk memanjatnya mungkin tak bisa ia bendung.

Ajari si Kecil untuk melangkah menaiki anak tangga satu per satu, dan berhenti di setiap anak tangga. Temani dan tetap bersiaga menjaga di bawahnya ya, Bu. 

Mulai Memegang Alat Tulis dan Mencorat-coret

Alat tulis yang mengeluarkan warna ketika digores akan sangat menarik perhatian si Kecil. Tak heran jika ia mulai senang mencoret dengan alat tulis apa pun, seperti pulpen, pensil, spidol, dan krayon, ke berbagai permukaan. Entah kertas, dinding, atau lantai. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Ibu tenang dan memahami si Kecil ya, Bu. Ini adalah bagian proses perkembangan motorik halusnya.

Agar si Kecil tak selalu ‘membuat karya’ di dinding atau lantai, sebaiknya Ibu menyiapkan kertas atau area kosong untuk media corat-coretnya. Ibu bahkan bisa mulai membelikannya buku mewarnai. Jangan lupa, siapkan krayon atau spidol yang aman untuk si Kecil. Kalau bisa, pilih yang bisa dilap atau mudah dibersihkan. Tidak ada kata terlalu dini untuk membantu si Kecil mengasah kreativitasnya.

Itulah 5 kecerdasan motorik yang bisa Ibu amati pada perkembangan anak 14 bulan. Ibu tentu juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangannya dengan memberikan makanan dan minuman yang kaya gizi setiap hari. Lengkapi pula nutrisinya lewat segelas Bebelac 3 sebanyak 3 kali sehari. Mengapa ini penting? Karena Bebelac 3 dilengkapi minyak ikan yang mengandung Omega 3 dan 6, FOS GOS 1:9 yang baik untuk pencernaannya, serta beragam vitamin dan mineral. Dengan pemberian nutrisi yang cukup akan mendukung si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang baik (happy tummy), sehingga ia bisa memiliki suasana hati yang lebih baik pula (happy heart), yang akan mendukung kecerdasannya (happy brain)


Referensi:

  1. Vincent Iannelli, MD. 2020. When Do Babies Usually Start to Stand? Diambil dari: https://www.verywellfamily.com/when-should-a-baby-stand-2634693 [Diakses Juli2021]
  2. Cara F Dosman, et al. 2012. Evidence-based milestone ages as a framework for developmental surveillance. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3549694/ [Diakses Juli 2021]
  3. Amy Morin, LCSW. 2019. 1-Year-Old Child Development Milestones. Diambil dari: https://www.verywellfamily.com/1-year-old-developmental-milestones-289864 [Diakses Juli 2021]
Tag