7Wonders_SuasanaHati_27451_1

Pentingnya Serat Untuk Anak Hebat Yang Perlu Ibu Perhatikan

Bebelac Admin | 17/05/2019

Tahukah Ibu jika si Kecil kekurangan serat maka dia akan sering mengalami susah buang air besar (BAB)? Pada dasarnya serat diperlukan oleh tubuh untuk membantu sistem pencernaan agar bisa bekerja secara normal serta mencegah konstipasi. Keberadaan senyawa ini juga berperan penting terhadap tumbuh kembang si Kecil. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini!

Pentingnya Serat

Secara umum, serat dibagi dua jenis yakni serat larut air dan serat tidak larut air. Serat larut air merupakan jenis serat yang larut dalam air sehingga membentuk massa menyerupai gel. Sementara serat tidak larut air merupakan bagian penting dari pergerakan sistem pencernaan tubuh. Berbagai manfaat penting serat terhadap proses pencernaan anak yakni:

  1. Memelihara bakteri baik di dalam usus dan mencegah infeksi saluran pencernaan
  2. Membuatnya kenyang lebih lama sehingga tidak gampang rewel
  3. Menjaga berat badan agar tetap ideal
  4. Menghindarkan si Kecil dari risiko obesitas dan diabetes
  5. Membantu proses metabolisme tubuh

Sumber Serat

Lantas, di manakah Ibu bisa mendapatkan serat alami yang baik untuk si Kecil? Berikut beberapa sumbernya:

  1. Nasi merah dan roti gandum
  2. Sayuran seperti wortel, bayam, jamur, kentang, brokoli, dan kacang panjang
  3. Buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, mangga, buah pir, serta srikaya
  4. Berbagai jenis kacang-kacangan mulai dari kacang merah, kacang polong, hingga kacang almond 

Beberapa tips sederhana untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil antara lain dengan mengonsumsi berbagai sumber serat yang berbeda, mengganti camilan dengan buah segar, serta selalu memeriksa kandungan serat yang tercantum di label kemasan makanan.

Nah, itu tadi sekilas informasi terkait pentingnya serat untuk si Kecil dan sumber-sumber serat alami yang bisa didapatkan. Apakah Ibu punya pengalaman dalam memenhi kebutuhan serat si Kecil sehari-hari? Yuk, ikuti Kompetisi Foto Cerita Serat Anak Hebat!

Ada hadiah uang tunai dengan total 15 juta rupiah yang menanti Anda hanya dengan mengunggah foto ke Instagram berisi caption yang menceritakan perjuangan Ibu dalam memberikan makanan berserat untuk memenuhi nutrisi si Kecil bersama Bebelac Gold.

Periodenya berlangsung mulai dari 16 Januari hingga 12 Maret 2020. Cek syarat dan ketentuannya lebih lanjut di Cerita Serat Anak Hebat di Bebeclub.Jangan sampai ketinggalan, ya!