susu untuk anak alergi susu sapi

Anak Alergi Susu Sapi? Susu Soya Sama Baiknya!

detail-fb detail-wa detail-twitter

Hai Ibu, sudah tahu kan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, si Kecil perlu asupan nutrisi seimbang, salah satunya dari susu? Nah, untuk si Kecil usia 1 tahun ke atas, tentunya Ibu harus jeli memilih susu pertumbuhan untuk bantu lengkapi kecukupan gizinya. Apalagi, anak usia batita biasanya sudah punya preferensi rasa susu sendiri.

Gejala alergi susu sapi pada anak

Kalau bicara soal susu, kebanyakan ibu memberikan susu pertumbuhan dari sapi untuk buah hati mereka. Namun, kadang ada sebagian anak yang tidak bisa mendapatkan asupan nutrisi dari susu sapi karena memiliki alergi susu sapi. Biasanya Bu, gejala anak alergi susu sapi akan muncul segera setelah anak minum formula dari susu sapi. Tanda anak alergi susu sapi, di antaranya:

  • Muntah
  • Diare, yang kadang disertai darah
  • Kulit kemerahan
  • Biduran (gatal-gatal)
  • Pada kasus yang lebih parah, bengkak pada anggota tubuh seperti mata atau telinga
  • Hidung meler
  • Mata berair

Kalau anak menunjukkan tanda-tanda alergi tersebut setelah minum susu sapi, sebaiknya segera hentikan pemberian susu sapi dan bawa si Kecil ke dokter anak atau tenaga kesehatan profesional untuk penanganan lebih lanjut ya Bu!

Mungkin Ibu punya pertanyaan, apa penyebab anak alergi susu sapi? Penyebab alergi susu sapi adalah sistem imun yang tidak berfungsi normal, sehingga menganggap bahaya protein dalam formula dari susu sapi. Pemicunya ternyata macam-macam, Bu. Selain karena faktor genetik (salah satu orang tua punya alergi), terpapar penyebab alergi (bisa juga karena Ibu secara tidak langsung makan makanan pencetus alergi), atau lingkungan sekitar (asap rokok, cuaca, polusi, atau binatang peliharaan).

Susu formula untuk anak yang alergi susu sapi

Nah kalau si Kecil benar alergi susu sapi, apa artinya dia tidak boleh minum susu? Si Kecil masih tetap bisa minum susu kok, asalkan yang diminum adalah jenis susu formula pengganti seperti:

  • Formula terhidrolisa ekstensif = formula susu sapi yang proteinnya sudah dipecah jadi lebih kecil, cocok untuk anak dengan alergi susu sapi ringan atau sedang
  • Formula asam amino = formula dengan asam amino sederhana, biasanya diberikan untuk anak dengan alergi susu sapi berat
  • Formula soya = Formula yang menggunakan isolat protein soya sebagai pengganti susu sapi

Mana formula yang paling cocok untuk si Kecil yang alergi ya? Tergantung jenis alerginya, Bu! Kalau alerginya si Kecil masih tergolong ringan atau sedang, dia bisa diberikan formula terhidrolisa ekstensif atau formula soya sebagai alternatif kedua. Dua jenis alternatif formula ini tidak diperuntukkan untuk anak dengan alergi susu sapi berat ya Bu! Kalau gejalanya sudah berat, barulah anak minum formula asam amino.

Untuk mengetahui seberapa berat alergi susu sapi si Kecil dan formula mana yang paling cocok, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga kesehatan profesional ya!

Nah, kalau ternyata si Kecil harus minum formula soya, Ibu tak perlu si Kecil akan kekurangan nutrisi penting karena tidak minum susu sapi ya! Nutrisi formula soya juga baik kok seperti formula dari susu sapi. Salah satu formula soya untuk anak yang bisa Ibu coba adalah Bebelac Gold Soya, produk terbaru dari Nutricia.

Bebelac Gold Soya mengandung semua kebaikan nutrisi susu sapi, yang membedakan hanya jenis proteinnya, yaitu menggunakan isolat protein soya. Bebelac Gold Soya adalah formula soya tinggi serat pertama dan satu-satunya di Indonesia. Selain kandungan tinggi seratnya, Bebelac Gold Soya juga dilengkapi nutrisi penting lainnya untuk anak:

  • 9 asam amino esensial untuk dukung tumbuh kembang anak
  • Advansfibre Soy+ tinggi serat dengan FOS Inulin untuk dukung fungsi saluran cerna perut hebat anak
  • Fish oil, omega 3, & omega 6 untuk dukung daya pikir anak
  • 13 vitamin & 9 mineral untuk dukung pertumbuhan optimal, dilengkapi kalsium dan vitamin D untuk dukung pertumbuhan tulang

Bu, kalau ingin tahu lebih jauh tentang formula soya dan ingin mengganti formula yang sedang digunakan, sebaiknya konsultasi dengan dokter anak atau tenaga kesehatan profesional dulu ya! Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang Bebelac Gold Soya, Ibu bisa klik www.bebeclub.co.id, dan bisa minta sampel juga lho!