750x750_Susu Soya Dan Formula Soya Apa Bedanya

Susu Soya dan Formula Soya, Apa Bedanya?

Hai Ibu! Selama ini tentunya Ibu sudah mengenal susu sebagai salah satu sumber asupan untuk melengkapi kebutuhan gizi si Kecil, kan? Nah, kalau si Kecil tidak mengonsumsi produk hewani sehingga harus mendapatkan protein dari sumber nabati, baik karena alasan selera ataupun anjuran dokter, biasanya anak akan disarankan mengonsumsi formula soya. Pastikan pemberian formula soya dilakukan setelah konsultasi dengan dokter anak atau tenaga kesehatan ya!

Selain susu soya, nama ‘susu soya’ juga sudah cukup familiar di telinga ibu-ibu, terutama yang punya anak berusia lebih tua. Tapi tunggu dulu Bu, jangan keliru antara susu soya dan formula soya ya! Walau namanya sama-sama ‘soya’, tapi keduanya tidak sama lho! Nah, apa saja perbedaannya? Yuk kita simak sama-sama!

Bahan Baku

Susu soya terbuat dari biji kedelai, sementara formula soya terbuat dari isolat protein soya yang merupakan bentuk sederhana protein nabati yang ada dalam biji kedelai.

Proses Pembuatan

Pembuatan susu soya dan formula protein isolat soya juga beda lho Bu! Susu soya biasanya dibuat deri biji kedelai atau bubuk soya full fat. Perlu Ibu tahu, keduanya memiliki komposisi dan nutrisi yang mirip dengan susu sapi lho! Untuk membuat susu soya, pertama-tama kacang kedelai direndam dalam air, lalu disaring dengan kain kasa untuk mendapat sari kedelainya, kemudian diseterilisasi dengan dipanaskan. Namun, ada juga yang dibuat di pabrik dengan teknologi modern dan melewati uji kendali mutu yang ketat.

Bagaimana dengan formula isolat protein soya? Walau sama-sama diproses di pabrik berteknologi modern, prosesnya berbeda lagi, Bu! Formula isolat protein soya dibuat dengan cara menggabungkan isolat protein soya dengan bahan baku sumber karbohidrat, sumber lemak juga sumber serat tinggi sehingga menjadi formula isolat protein soya yang kaya nutrisi untuk anak dengan rasa yang lezat.

Kandungan Nutrisi

Dibandingkan susu sapi, susu soya adalah sumber protein nabati, rendah lemak jenuh, rendah kalori, dan rendah gula. Lalu, salah satu kelebihan susu soya yang tidak dijumpai pada susu sapi, yaitu secara alami mengandung semua asam lemak esensial yang diperlukan tubuh. Fungsinya selain untuk pertumbuhan anak, juga untuk menjaga daya tahan tubuh anak, mendukung daya pikir dan perut sehatnya.

Bagaimana dengan formula soya? Nah, formula soya mengandung nutrisi yang bahkan lebih lengkap daripada susu soya biasa lho Bu ! Sebab, tak hanya kaya protein, formula soya juga mengandung serat, vitamin dan mineral, minyak ikan, dan asam lemak Omega 3 & 6. Jadinya Bu, soal kelengkapan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak, tentu formula soya lebih unggul daripada susu soya biasa. Namun, Ibu perlu tahu, tidak semua formula soya mengandung serat tinggi ya ! Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian anak termasuk serat, pilih formula soya yang ebrserat tinggi ya Bu !

Rasa

Dibanding olahan kedelai lain seperti tahu atau tempe, anak-anak biasanya menghindari susu soya karena aroma dan rasa susu soya yang langu. Beda dengan formula soya yang tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang lezat dan pasti disukai si Kecil, salah satunya vanila.

Nah, itu dia Bu bedanya susu soya dan formula soya. Kira-kira, mana yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil ya? Ibu bisa memilih formula soya tinggi serat yang dilengkapi nutrisi penting lainnya dan tersedia dalam rasa yang lezat pasti disukai anak seperti Bebelac Gold Soy.

Bebelac Gold Soya mengandung semua kebaikan nutrisi susu sapi, yang membedakan hanya jenis proteinnya, yaitu menggunakan isolat protein soya. Bebelac Gold Soya adalah formula soya tinggi serat pertama dan satu-satunya di Indonesia. Selain kandungan tinggi seratnya, Bebelac Gold Soya juga dilengkapi nutrisi penting lainnya untuk anak:

  • 9 asam amino esensial untuk dukung tumbuh kembang anak
  • Advansfibre Soy+ tinggi serat dengan FOS Inulin untuk dukung fungsi saluran cerna perut hebat anak
  • Fish oil, omega 3, & omega 6 untuk dukung daya pikir anak
  • 13 vitamin & 9 mineral untuk dukung pertumbuhan optimal, dilengkapi kalsium dan vitamin D untuk dukung pertumbuhan tulang

Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai formula soya yang baik untuk anak, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga kesehatan profesional ya Bu!