susu soya

Cek Kebenaran Mitos Formula Soya Untuk Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Hai Bu! Sebagai orang tua yang baik, Ibu tentu ingin si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap untuk tumbuh hebat dengan memberikan makanan sehat, dan ditambah dengan susu. Namun, terkadang sulit untuk membuat anak mengonsumsi apa yang menurut Ibu baik untuk mereka ya? Selain itu, anak-anak di atas 1 tahun biasanya sudah punya selera sendiri.

Perbedaan selera ini membuat sebagian anak lebih suka rasa susu formula soya, sebagian lagi lebih suka rasa susu sapi. Muncullah satu pertanyaan: apakah semua formula soya atau susu sapi formula itu sama? Sama seperti susu sapi formula yang tidak semuanya sama, formula soay pun demikian. Nah, Ibu mungkin pernah dengan beberapa mitos tentang susu formula soya untuk anak-anak. Akuratkah mitos itu? Yuk kita simak penjelasannya:

MITOS: Susu formula soya lebih terjangkau

FAKTA:

Meskipun benar bahwa susu formula soya bisa  direkomendasikan untuk keluarga dengan finansial terbatas sehingga kurang mampu membeli susu sapi formula, kini ada formula soya yang memiliki harga yang sama dengan susu formula sapi. Jadi, tergantung pada merek yang digunakan Ibu dan kandungannya, formula soya tidak selalu lebih murah ya !

MITOS: Anak yang minum susu formula soya perkembangannya tidak sebagus anak yang minum susu sapi formula

FAKTA:

Kalau Ibu berpikir bahwa anak yang minum formula nabati tidak tumbuh pesat seperti anak yang minum susu sapi, tenang Bu, itu hanya mitos belaka. Penelitian menunjukkan, tidak ada perbedaan nyata antara pertumbuhan anak yang minum formula soya dan anak yang minum susu sapi formula kok Bu!

MITOS: Susu formula soya hanya untuk anak alergi susu sapi

FAKTA:

Ibu perlu tahu, formula soya memang salah satu alternatif untuk anak dengan alergi susu sapi, seperti halnya formula terhidrolisa ekstensif dan formula asam amino. Namun, formula soya hanya boleh diminum anak dengan alergi susu sapi ringan atau sedang bila ada keterbatasan ketesediaan atau biaya, itupun harus dengan anjuran dokter anak.

Bagaimana kalau anak tidak punya alergi susu sapi ingin minum formula soya, apa boleh? Boleh saja kok Bu, asalkan harus lewat konsultasi dengan dokter anak dulu ya!

Biasanya, anak yang minum formula soya walaupun tidak alergi adalah anak yang tidak mengonsumsi protein hewani, jadi kebutuhan proteinnya harus dicukupi oleh sumber protein nabati. Anak-anak seperti ini biasanya mengonsumsi protein nabati karena gaya hidup orang tuanya, atau rekomendasi dari dokter.

MITOS: Susu formula soya nutrisinya tidak selengkap susu sapi formula

FAKTA:

Jangan khawatir soal kelengkapan nutrisi ya Bu, karena formula soya nutrisinya selengkap formula susu sapi kok! Selain kaya protein nabati yang terkandung dalam isolat protein soya sebagai bahan utama, formula soya kini juga sudah ditambahkan nutrisi lain seperti serat tinggi, vitamin dan mineral, Omega 3 & 6, juga minyak ikan untuk mendukung daya pikir anak, pencernaan sehatnya, juga tumbuh kembangnya! Untuk melihat apakah formula kedelai yang Ibu beli tepat untuk si Kecil, selalu baca label di kemasannya dulu ya!

MITOS: Susu formula soya rasanya tidak seenak susu sapi formula

FAKTA:

Walaupun formula soya bergizi lengkap, biasanya para ibu takut anaknya tidak mau minum formula soya karena takut rasanya yang kurang lezat. Kini, sudah banyak formula soya yang selain gizinya lengkap, juga  memiliki rasa yang lezat dan pasti disukai anak, salah satunya rasa vanila.

Jika Ibu ingin memperkenalkan formula soya yang baik untuk anak, Ibu bisa mencoba produk terbaru dari Nutricia, yaitu Bebelac Gold Soya.

Bebelac Gold Soya adalah formula soya tinggi serat pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dilengkapi berbagai nutrisi penting lainnya seperti Fish oil, omega 3, & 6 untuk dukung daya pikir anak, Advansfibre Soy+ FOS Inulin untuk dukung perut hebat anak, serta 13 vitamin, 9 mineral dan isolat protein soya untuk dukung pertumbuhan optimal. Bebelac Gold Soya tersedia dalam rasa vanila lezat yang pasti disukai si Kecil.

Nah, kalau Ibu ingin tahu lebih banyak tentang susu formula soya yang baik untuk anak, konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan profesional ya Bu!