750x750_Kelebihan Formula Soya Berserat

Kelebihan Formula Soya Berserat

Hai Bu! Ibu tentunya tahu bahwa si Kecil butuh beberapa jenis makanan bergizi untuk membantunya tumbuh dan berkembang secara optimal, seperti makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan dan sayuran. Untuk melengkapi pola makannya, disarankan untuk menambahkan susu. Nah, dengan meningkatnya popularitas formula soya di Indonesia, semakin banyak anak-anak yang suka minum formula soya, dan tak terbatas hanya pada anak-anak yang tidak mengkonsumsi produk hewani saja.

Nah, sekarang ini, semakin banyak formula soya untuk anak di atas 1 tahun, salah satunya adalah formula soya yang tinggi serat. Mungkin melihat pilihan yang tersedia di pasaran, Ibu jadi bertanya-tanya: bukannya semua formula soya sama saja? Di antara banyaknya pilihan, formula soya seperti apa yang sebaiknya Ibu pilih?

Kelebihan dan manfaat susu formula soya untuk anak

Tak usah bingung, Bu. Pastikan Ibu pilih formula soya yang berserat tinggi, karena kandungannya beda dari formula soya biasa. Ini dia kelebihan & manfaat susu formula soya berserat yang perlu Ibu tahu:

Lebih baik untuk pencernaan dan tubuh

Formula soya berserat terbuat dari isolat protein soya yang kemudian ditambahkan kandungan serat pangan, juga prebiotik seperti FOS Inulin. Nah, fungsi FOS Inulin adalah membantu menjaga jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan si Kecil agar pencernaannya sehat, dan mendukung perut hebatnya. Tak hanya itu, prebiotik dalam formula soya juga membantu mencegah infeksi pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh anak, menanggulangi diare, juga meningkatkan kesehatan tubuh dan kekuatan tulang anak.[2] Tuh, tak hanya baik untuk pencernaan, ternyata formula soya tinggi serat juga baik untuk pertumbuhan anak!

Memenuhi asupan serat harian anak

Perlu Ibu tahu, 9 dari 10 anak di Indonesia tidak mengonsumsi cukup serat setiap harinya. Berdasar rekomendasi Departemen Kesehatan Indonesia tahun 2013, anak 1-3 tahun butuh asupan serat harian sebanyak 16 g, sementara anak 4-6 tahun butuh 22g[3]. Anak yang mendapat cukup asupan serat harian akan memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat, jadwal BAB normal, tingkat kolesterolnya rendah, dan berat badannya normal.

Nutrisi lebih lengkap

Selain serat yang lebih tinggi, formula soya berserat untuk bayi memiliki nutrisi lebih lengkap karena sudah difortifikasi dengan vitamin dan mineral, kalsium, minyak ikan, bahkan asam lemak esensial Omega 3 & 6. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk tumbuh kembang anak, daya pikirnya, juga perut sehatnya.

Ibu bisa mencoba formula soya yang tinggi serat sebagai susu pertumbuhan,  seperti Bebelac Gold Soya yang mengandung semua kebaikan nutrisi susu sapi. Yang membedakan hanya jenis proteinnya, yaitu menggunakan isolat protein soya. Bebelac Gold Soya adalah formula soya tinggi serat pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan Advansfibre Soy+ tinggi serat dengan FOS Inulin untuk dukung fungsi saluran cerna perut hebat anak.

Kandungan nutrisi Bebelac Gold Soya

Bebelac Gold mengandung 6g serat per 100g sajian, dan jika dikonsumsi 3 gelas sehari dapat mencukupi hampir 50% kebutuhan serat harian anak 1 tahun ke atas. Selain kandungan tinggi seratnya, Bebelac Gold Soya juga dilengkapi nutrisi penting lainnya untuk anak:

  • 9 asam amino esensial untuk dukung tumbuh kembang anak
  • Fish oil, omega 3, & omega 6 untuk dukung daya pikir anak
  • 13 vitamin & 9 mineral untuk dukung pertumbuhan optimal, dilengkapi kalsium dan vitamin D untuk dukung pertumbuhan tulang

Bebelac Gold Soya tersedia dalam rasa vanila lezat yang pasti disukai anak dan diperkaya dengan serat tinggi, bantu si Kecil tumbuh hebat! Untuk tahu lebih lanjut tentang formula soya berserat, konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan ya!

 

Gibson, G. R., Beatty, E. R., Wang, X.& Cummings, J. H.(1995) Selective stimulation ofbifidobacteria in the human colon by oligofructose and inulin. Gastroenterology108:975–982.

worldnutrijournal.org/OJS/index.php/WNJ/article/view/V04.S1.0004/82

https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PMK%20No.%2075%20ttg%20Angka%20Kecukupan%20Gizi%20Bangsa%20Indonesia.pdf