makanan berserat tinggi untuk anak

Makanan Tinggi Serat Untuk Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Agar tumbuh menjadi anak hebat, anak harus mendapatkan asupan bergizi sejak dini. Kelancaran fungsi pencernaannya pun harus didukung dengan asupan serat yang cukup agar si Kecil tidak gampang mengalami sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. Hal ini penting, mengingat 9 dari 10 anak masih kurang asupan serat.

Ibu bisa mulai memberikan makanan mengandung serat pada bayi setelah memulai MPASI pada usia 6 bulan, namun lakukan bertahap agar perut si Kecil tidak kembung. Patut diingat, sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, anak 1-3 tahun butuh 16 gram asupan serat setiap harinya atau setara dengan serat dalam 300 gram pisang raja.

Ibu bisa memberikan makanan bergizi berikut ini untuk memenuhi asupan serat harian juga dan mengenalkan si Kecil pada beragam cita rasa dan tekstur makanan padat. Berikut ini macam-macam jenis makanan berserat tinggi.

Makanan Berserat Tinggi untuk Anak

1. Sayur-sayuran

Bukan rahasia kalau sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi. Ibu bisa memberikan brokoli yang direbus, jagung atau kentang yang dihaluskan untuk si Kecil. Kandungan serat pada 100 gram jagung manis adalah 2,7 gram, sementara 100 gram kentang rebus mengandung 1,8 gram serat. Hal itu membuat sayur-sayuran menjadi salah satu makanan berserat tinggi.

2. Buah-buahan

Buah dan sayur tinggi serat yang bisa Ibu berikan untuk konsumsi harian si Kecil usia balita misalnya apel, jeruk, buah-buahan berry, pisang, brokoli, kentang, atau kembang kol. Ada 3 gram serat dalam 1 cangkir strawberry atau 1 buah pisang ukuran sedang, juga 5 gram serat dalam 1 cangkir brokoli.

3. Kacang-kacangan

Salah satu makanan berserat tinggi adalah kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, atau kacang tanah bisa Ibu berikan pada si Kecil untuk memenuhi kebutuhan serat hariannya. Dalam takaran 100 gram, kacang hijau rebus mengandung serat 1,5 gram, sementara kacang kedelai rebus memiliki kandungan serat 1,6 gram4.

Selain makanan tinggi serat, Ibu juga bisa membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil dengan susu pertumbuhan seperti susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre yang tinggi serat dan diperkaya FOS:GOS 1:9.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan 6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil, karena Bebelac Gold mengandung 2 gram serat tiap sajiannya.

Tag