6 Manfaat Wortel Untuk si Kecil

detail-fb detail-wa detail-twitter

Wortel merupakan satu jenis sayuran yang sering dimasukkan dalam menu diet si Kecil sejak mengonsumsi makanan padat. Selain sayur-sayuran hijau, sayuran berwarna oranye ini paling dikenal memiliki manfaat utama untuk menjaga kesehatan fungsi penglihatan karena kandungan beta karoten, atau wortel mengandung vitamin A pro yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh manusia .

Namun manfaat wortel bukan hanya itu saja. Kandungan nutrisi wortel ternyata memiliki segudang manfaat lain yang tentunya bagus untuk menjaga kesehatan si Kecil usia 1-3 tahun. Berikut ini manfaat wortel bagi kesehatan anak balita:

1. Manfaat Wortel Menjaga kesehatan pencernaan

Wortel memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam setiap 100 g wortel rebus, terkandung 2,9 gram serat . Selain membantu si Kecil kenyang lebih lama, serat juga membantu menjaga fungsi organ pencernaan agar tetap bekerja optimal . Dengan demikian, penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi si Kecil jadi lebih maksimal.

2. Wortel Bermanfaat Menjaga Daya Tahan Tubuh

Wortel mengandung vitamin A yang memiliki fungsi antioksidan yang memiliki manfaat melindungi tubuh dari radikal bebas .

3. Fungsi Penglihatan Terjaga

Warna oranye pada wortel merupakan tanda kayanya beta karoten atau pro vitamin A yang berfungsi melindungi lapisan kornea pada mata anak.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Tak hanya melindungi fungsi penglihatan, wortel juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Saat dikunyah, tekstur wortel membantu membersihkan gigi dan merangsang keluarnya saliva atau air ludah yang membunuh bakteri jahat dalam mulut secara alami.

5. Manfaat Wortel untuk Mempertajam Memori

Manfaat wortel untuk bayi salah satunya adalah mempertajam ingatan. Wortel mengandung Luteolin untuk mencegah peradangan otak dan hilangnya memori secara bertahap. Manfaat wortel untuk bayi dapat membantu mempercepat perkembangan otak.

6. Wortel Bermanfaat untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Wortel mengandung zat anti inflamasi sehingga dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Ibu bisa mencobanya saat anak terjatuh dan luka. Balurkan wortel pada bagian tubuh anak atau sajikan wortel untuk dikonsumsi anak.

Selain wortel dan bahan makanan lainnya, Ibu dapat juga memberikan susu pertumbuhan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil seperti susu pertumbuhan Bebelac Gold 3: 1-5tahun dengan Advansfiber yang tinggi serat dan diperkaya dengan FOS:GOS 1:9.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, dan 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak hebat. Bebelac Gold dapat diminum 3 kali sehari untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil.