Gejala dan Penyebab Usus Buntu Pada Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Radang usus buntu adalah sebuah kondisi medis di mana terjadi pembengkakan pada usus buntu yang harus segera ditangani. Kondisi ini biasanya terjadi pada usia remaja hingga dewasa, namun bayi dan anak pun dapat mengalaminya.

Penyebab Terjadinya Usus Buntu pada Anak

Radang usus buntu terjadi bila bagian dalam usus buntu tersumbat yang disebabkan oleh bagian usus buntu yang terlipat sebagian, penumpukan mukosa atau lendir, atau parasit pada bagian usus . Hal-hal tersebut bersumber dari organ pencernaan yang tidak sehat atau asupan makanan yang kurang bernutrisi atau bahkan kurang higienis. Maka, pastikan agar semua makanan yang Ibu siapkan untuk si Kecil selalu dalam keadaan higienis ya!
Gejala Usus Buntu pada Anak
Ciri-ciri penyakit usus buntu yang dialami anak dalam usia yang sangat muda bisa berbeda dari gejala yang dialami orang dewasa . Gejala usus buntu yang biasa muncul pada si Kecil di antaranya adalah2:

  • Nyeri di perut bagian kanan bawah
  • Meriang (panas dingin)
  • Mual & muntah
  • Hilang nafsu makan
  • Diare
  • Perut bengkak

Untuk memastikan apakah si Kecil benar mengalami usus buntu, segera bawa dia ke dokter ya!

Si Kecil biasanya lebih berisiko terhadap usus buntu bila terdapat riwayat penyakit usus buntu di keluarga . Maka penting untuk mengetahui riwayat penyakit keluarga dan memberi si Kecil asupan bergizi sejak dini. Selain itu, Ibu pastikan juga makanan untuk si Kecil selalu dalam keadaan higienis.

Salah satu nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan adalah asupan serat. Selain memberi si Kecil makanan dengan serat cukup, Ibu dapat juga memberikan susu pertumbuhan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan serat harian si Kecil seperti susu Bebelac Gold 3: 1-5 tahun dengan Advansfibre yang tinggi serat dan diperkaya dengan FOS:GOS 1:9.

Bebelac Gold juga mengandung fish oil dengan Omega-3 dan Omega-6, serta 13 vitamin dan 7 mineral yang dapat membantu tumbuh kembang anak sehingga si Kecil bisa menjadi anak yang hebat.