Cara Mengatasi Posmatur atau Bayi Telat Lahir

Kenapa Bisa Telat Melahirkan? Menentukan perkiraan tanggal kelahiran yang tepat memang rumit. Karenanya jangan heran, banyak Ibu mengak...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
19 Mar 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Kenapa Bisa Telat Melahirkan?

Menentukan perkiraan tanggal kelahiran yang tepat memang rumit. Karenanya jangan heran, banyak Ibu mengaku bayinya telat lahir. Ibu gelisah bayi tak kunjung lahir? Ingat, soal kelahiran juga sangat tergantung pada keputusan Yang Di Atas. Jadi cobalah untuk tetap santai dan menghindari gelisah menunggu detik-detik kelahiran. Tenang, bayi Ibu akan lahir jika telah tiba waktunya!

Salah satu cara membuat Ibu tetap tenang adalah dengan berkonsultasi pada dokter kandungan. Biasanya, ada beragam penyebab bayi belum lahir padahal sudah waktunya. Dokter tentunya akan melakukan pemeriksaan singkat hanya untuk memastikan bayi dalam kandungan Ibu baik-baik saja. Bila Ibu ingin mencoba, silahkan pelajari beberapa tips untuk membantu mempercepat kelahiran dan mencegah gelisah bayi tak kunjung lahir dari Bebeclub

Menghadapi Kelahiran Yang Terlambat

Saat gelisah menunggu kelahiran yang tak kunjung terjadi, mungkin banyak cara yang sudah Ibu coba. Daripada sibuk memperhatikan perut Ibu terus menerus, cobalah melakukan hal lain sambil menunggu si kecil datang, seperti:

  • Berkunjung ke rumah teman atau berjalan santai di sekitar rumah. Jangan lupa selalu bawa handphone Ibu, agar bila tiba-tiba kontraksi terjadi, Ibu mudah menghubungi orang terdekat!
  • Cek persediaan makanan di lemari dan kulkas. Jika sempat, cobalah memasak menu ringan tahan lama yang dapat disimpan di kulkas.
  • Minta kerabat dekat untuk tidak terus bertanya tentang kapan kontraksi terjadi. Bilang saja bahwa Ibu yang akan menghubungi mereka bisa saat melahirkan tiba.
  • Nikmati saat-saat berdua dengan pasangan. Saat si kecil lahir nanti, untuk sementara waktu Anda akan sulit menghabiskan waktu berduaan.
  • Persiapkan rumah untuk kehadiran si kecil. Tapi ingat, jangan terlalu semangat melakukan kegiatan membersihkan dan menata rumah sendirian.
  • Coba rapikan lemari pakaian, sisihkan baju-baju lama yang tak terpakai dan kumpulkan atasan berkancing yang nyaman untuk menyusui nanti.
  • Jika semua hal sudah dilakukan, cobalah untuk relaks menikmati waktu. Beristirahat sambil melakukan hobi, seperti nonton film, membaca novel favorit, dll.

Jika akhirnya Ibu merasakan kontraksi tapi masih merasa kurang yakin, segera saja hubungi dokter untuk memastikannya.

|||/Articles/Articles/Kehamilan/Kelahiran/penyebab-dan-tips-proses-persalinan-dalam-mengatasi-bayi-sungsang/tips-mempercepat-terjadinya-kelahiran



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait